Download our available apps

Babinsa Ujung Tombak Teritorial 

CELOTEHRIAU--Babinsa merupakaj garda terdepan diwilayah teritorial. Tugas dan fungsinya adalah memenrikaj pembinaan teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan.

Selain itu babinsa juga memiliki tugas pokok melatih warga memberikan penyuluhan di bidang hankam dan pengawasan fasilitas dan prasarana hankam di wilayah baik itu kelurahan/pedesaan.

Babinsa alias Bintara Pembina Desa TNI AD merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan paling langsung dengan masyarakat. Dia berada di bawah Komando Rayon Militer, bagian dari Komando Distrik Militer dan Komando Resor Militer, yang menginduk pada Komando Daerah Militer.

Seorang Bintara Pembina Desa memiliki wilayah operasi yang luasannya bervariasi, dari cuma satu desa/ kelurahan  hingga beberapa desa. 

Baca Juga

Babinsa juga  bisa memiliki  asisten yang berasal dari  tamtama TNI AD, sesuai dengan keperluan dan kondisi nyata setempat.

Seperti di Koramil 02 Kota Kodim 0301 Pekanbaru, yang memiliki wilayah teritorial Kecamatan Pekanbaru Kota yang memiliki 6 Kelurahan.

Para babinsa perannya saat ini mendapat “perhatian” publik lantaran tugasnya lebih cepat tanggap  karena perannya lebih langsung bersentuhan dengan masyarakat tadi, meski dilingkup TNI AD.

Khusus di Kelurahan Kotabaru Kecamatan Pekanbaru Kota, nama Pelda Adi Yusuf layak dikedepankan .Bersama bhabinkamtibmas Aiptu Kasnan, anggota TNI-Polri ini selalu menjadi yang terdepan diwilayah tugasnya.

Seperti terlihat Jumat (28/5/2021, babinsa-bhabinkamtibmas ini melakukan sinergi, patroli bersama dalam rangka patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 

Sebenarnya, apa tugas pokok para Babinsa TNI AD itu?

Menurut Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer (Danramil).

"Secara pokok, tugas-tugas babinsa meliputi antara lain mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD yang memiliki tugas melaksanakan pembinaan kewilayahan, pembinaan penduduk, kondisi sosial budaya dan keamanan."

"Karena itu diminta atau tidak, selaku pembina teritorial wilayah di tingkat kelurahan Babinsa akan selalu memberikan yang terbaik, sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.Kami selalu ada , karena rakyat adalah ibu kandung kami," tegas Adi Yusuf.

Ya, selama pandemi covid 19 menyerang Indonesia setahun lalu, Babinsa selalu menjadi garda terdepan bersama tiga pilar kelurahan melakukan pencegahan.Mulai dari pemyprotan disinfektan, bagi-bagi masker, patroli penegakan disiplin dan aksi sosial lainnya selalu digelar, demi mengembalikan situasi normal seperti sedia kala.

"Kami akan terus berusaha dan kami mohon warga masyarakat juga mendukung semua upaya Babinsa, demi pulihnya kehidupan masyarakat seperti sebelumnya.Mari kita bergandengan tangan untuk mewujudkannya," tutupnya 



 Editor : Yudi Waldi Al qhatani