Hadirkan 27 Karya Seniman, Galeri Hang Nadim Pekanbaru Gelar Pameran Seni Rupa Penutup Tahun 2022

Hadirkan 27 Karya Seniman, Galeri Hang Nadim Pekanbaru Gelar Pameran Seni Rupa Penutup Tahun 2022

PEKANBARU, celotehriau.com--  Galeri Hang Nadim gelar pameran seni rupa akhir tahun bertema Re-Post pada 24-31 Desember 2022  di Galeri Hang Nadim, Komplek Bandar Serai, Anjungan Kampar, Lantai 2.

Pameran Akhir Tahun GHN diawali dengan rangkaian acara pembukaan pada Sabtu, 24 Desember 2022 pukul 20.00 WIB yang bertempat di lantai 1 Anjungan Kampar.

"Pameran Akhir Tahun Galeri Hang Nadim tahun ini  dengan tema Re-Post  merupakan kumpulan peristiwa-peristiwa estetik yang dihelat oleh GHN tahun 2022. Melalui peristiwa ini akan menjadi denyut bagi seniman dalam mengembangkan bakat artistiknya didunia seni rupa," ujar Furqon Elwe, Kepala Galeri Hang Nadim.

Sepanjang tahun 2022 Galeri Hang Nadim telah mengangkat enam tema berbeda dalam setiap pameran yang diadakannya, berikut tema pameran yg telah Galeri Hang Nadim usung di sepanjang tahun 2022:

Pertama, Pameran Seni Rupa Kaligrafi Kontemporer Riau, kedua Pameran Seni Rupa Art of Healing, ketiga Pameran Seni Rupa Ketidakseimbangan part I,.keempat Pameran Seni Rupa Ketidakseimbangan part II,.kelima Pameran Seni Rupa JEDA, dan terakhir Pameran Seni Rupa Re-post.

"Re-Post juga sebagai rangkuman bahan evaluasi bagi GHN dan seniman menuju tumbuh kembangnya ekosistem seni khususnya pergerakan seni rupa Riau kedepannya."

Pameran ini kata Futqon juga sebagai catatan bersejarah tersendiri bagi seni rupa di Riau dalam helat-helat yang pernah ditaja oleh GHN, ada sekitar 5 pameran seni rupa (yang telah berlangsung) tahun 2022.

Dimana selama 5 kali pameran digelar menghadirkan  sekitar 47 seniman yang berasal dari kabupaten/kota di Riau serta dua kota yang berasal dari luar Provinsi Riau yaitu Padang Panjang dan Yogyakarta. 

"Ada sekitar 85 karya seni berbagai aliran dan medium pernah terpajang di dinding GHN dan lebih dari 4000 pengunjung telah menyaksikan karya-karya tersebut," ucapnya.

Untuk diketahui, Galeri Hang Nadim merupakan satu-satunya galeri yang ada di Riau yang menjadi wadah untuk para seniman di seluruh penjuru Riau memamerkan karya seninya. Galeri yang dibentuk oleh para senior-senior pemerhati seni di Riau ini telah menghelat enam pameran sepanjang tahun 2022 dan pameran akhir tahun bertema Re-Post sekaligus sebagai rangkaian penutup pameran di tahun 2022. 

Pengunjung sangat antusias menyaksikan karya seni yang dihadirkan pada pameran Akhir Tahun GHN, dan kebanyakan pengunjung merupakan generasi millenial baik remaja umum, siswa sekolah, maupun mahasiswa.

"Saya sebenarnya tidak terlalu paham soal seni, yang saya tahu lukisan-lukisan yang ada disini sangat bagus, dan juga disini banyak spot bagus untuk foto,"jar Rintan Pratiwi, pengunjung Pameran Seni GHN.(rls/IUD)