Banyak Pemakaman Penuh, Pemko Pekanbaru Berencana Bangun TPU Baru

Banyak Pemakaman Penuh, Pemko Pekanbaru Berencana Bangun TPU Baru

PEKANBARU - Sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mulai penuh. Lahan yang disediakan Pemko Pekanbaru sudah terisi semua.

Salah satunya yakni TPU Tampan yang berada di Jalan Uka. Di lokasi tersebut lahan kosong untuk pemakaman sudah penuh.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru, Mardiansyah mengatakan memang TPU yang di Jalan Uka tersebut saat ini sudah penuh.

"Karena memang TPU yang di Jalan Uka ini kan sudah sejak lama. Jadi memang sudah penuh, tidak ada lagi yang kosong," ujar Adie, sapaan akrabnya, Minggu (22/9/2024).

Dikatakannya, saat ini TPU Tampan sudah tidak mungkin lagi untuk pemakaman. Lahan yang tersedia sudah terisi sampai pintu gerbang depan.

Ia menyebut, selain TPU Tampan, TPU Umban Sari juga sudah mulai penuh. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya menyarankan agar mengalihkan ke TPU lainnya.

"Seperti TPU Payung Sekaki, itu kan masih baru, atau yang di Palas, di TPU Palas itu masih banyak," katanya.

Kedepan, pihaknya juga sudah merencanakan untuk pembangunan TPU. Pembangunan TPU itu bisa saja membuat yang baru atau perluasan dari TPU yang lama.

"Untuk lokasinya bisa saja di lokasi yang sama dengan perluasan wilayah pemakaman, atau mungkin mencari tempat baru. Tergantung kebijakan pimpinan kedepan," ungkapnya.