PROFIL TIM EURO 2020, Tuah Shevchenko dan Memori 2006 Naungi Ukraina

PROFIL TIM EURO 2020, Tuah Shevchenko dan Memori 2006 Naungi Ukraina

CELOTEH RIAU--Dalam sejarah sepak bola Ukraina setelah merdeka pada 1991, pencapaian terbaiknya adalah menembus 8 besar Piala Dunia 2006. Itu terjadi dalam era Andriy Shevchenko sebagai pemain.

Kini, Shevchenko telah gantung sepatu dan beralih profesi menjadi pelatih di Euro 2020 (Euro 2021). Jabatan ini ia emban setelah Mykhaylo Fomenko mengundurkan diri selepas Piala Eropa 2016. Memori manis 2006 dijadikan Sheva menjadi pemantik motivasi pemain.

Racikan Shevchenko hasilnya cukup lumayan. Dari 44 pertandingan, Sheva mempersembahkan 21 kemenangan, 12 imbang, dan 11 kekalahan untuk Ukraina. Ia pun berhasil membawa negara pecahan Uni Soviet ini lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Tergabung di Grup B babak kualifikasi Piala Eropa 2020 pada 2019 bersama Portugal, Serbia, Luxemburg, dan Lithuania, Ukraina menjadi juara grup. Andriy Pyatov dan kawan-kawan membukukan 6 kemenangan dan 2 kali imbang tanpa kekalahan dari 8 pertandingan.

Namun, performa tim berjulukan The Yellow and Blue ini melempem selama 2020. Dari 8 pertandingan uji coba dan UEFA Nations League A, Ukraina hanya meraih dua kemenangan. Sisanya, 6 pertandingan, berakhir dengan kekalahan.

Beruntung performa Ukraina mulai membaik. Dalam tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, Ukraina mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan, lewat tiga kali imbang. Yang menarik, Ukraina bisa menahan juara dunia 2018 Prancis dengan skor 1-1.

Dengan rentetan hasil pertandingan selama 2020-2021, sejatinya Ukraina tidak diunggulkan. Namun, Shevchenko punya pendapat lain. Menurutnya, dilansir dari Business Ukraine, kritik pedas publik akan terjawab pada waktu yang tepat, yakni saat tampil di Piala Eropa 2020.

Dalam mengemban misi mengharumkan nama Ukraina di Piala Eropa 2020 ini Shevchenko punya 4 pemain kunci; satu bek dan tiga gelandang. Mereka itu Ruslan Malinovsky, Viktor Tsyhankov, Oleksandr Zinchenko, dan Vitaliy Mykolenkko.

Saat ini Zinchenko bisa dibilang adalah bintang utama Ukraina. Ia menjadi bagian dari Manchester City yang baru saja juara Liga Premier 2020-2021. Tak hanya menjadi pemain pendukung, gelandang 24 tahun ini 19 kali menjadi pilihan utama Pep Guardiola.

Lini tengah Ukraina juga bakalan menggebrak dengan kehadiran Tsyhankov. Pemain Dynamo Kiev berusia 23 tahun ini tampil garang pada musim 2020-2021. Walau seorang gelandang, ia mengoleksi 15 gol dari 24 pertandingan dalam semua ajang.

Adapun Malinovski sedang berjaya bersama Atalanta di Serie A Italia. Musim ini pemain berusia 28 tahun tersebut melakoni 42 pertandingan dalam semua ajang dan mengoleksi 10 gol.

Sedangkan Mykolenkko merupakan pemain muda yang digadang-gadang akan mengharumkan nama Ukraina dalam beberapa tahun ke depan. Pemain berposisi bek tengah ini tampil stabil bersama Dynamo Kyiv dan mempersembahkan tiga gelar juara pada musim ini: Liga Ukraina, Piala Ukraina, dan Piala Super Ukraina.

Karena tak punya striker dan bek yang mendunia, Shevchenko bakal mengandalkan formasi 5-3-2 atau 5-4-1. Formasi ini banyak dikritik karena membuat sistem penyerangan Ukraina tak optimal, yang itu terbukti dengan statistik 8 gol dari 11 pertandingan selama 2020-2021.

Menjelang Piala Eropa 2020 Shevchenko memanggil 35 pemain. Dari nama-nama ini nantinya akan dikerucutkan menjadi 26 pemain. Penentuan daftar ini akan ditetapkan setelah uji coba melawan Bahrain (23/5), Irlandia Utara (3/6), dan Cyprus (6/6).

Adapun lawan Ukraina di Piala Eropa 2020 adalah Belanda (13/6), Makedonia Utara (17/6), dan Austria (21/7). Utamanya Belanda akan menjadi lawan terberat, karena secara meteri pemain dan peringkat FIFA berada di atas Ukraina.

Daftar Pemain Ukraina di Euro 2020:
Goalkeepers: Georgiy Bushchan (Dynamo Kyiv), Andriy Pyatov (Shakhtar Donetsk), Anatolii Trubin (Shakhtar Donetsk)

Bek: Oleksander Karavaev (Dynamo Kyiv), Serhiy Kryvtsov (Shakhtar Donetsk), Mykola Matviyenko (Shakhtar Donetsk), Vitaliy Mykolenko (Dynamo Kyiv), Denys Popov (Dynamo Kyiv), Eduard Sobol (Club Brugge), Oleksandr Tymchyk (Dynamo Kyiv), Illia Zabarnyi (Dynamo Kyiv), Oleksandr Zinchenko (Manchester City)

Gelandang: Roman Bezus (Gent), Yehven Makarenko (Kortrijk), Ruslan Malinovskyi (Atalanta), Marlos (Shakhtar Donetsk), Mykola Shaparenko (Dynamo Kyiv), Taras Stepanenko (Shakhtar Donetsk), Heorhii Sudakov (Shakhtar Donetsk), Serhiy Sydorchuk (Dynamo Kyiv), Viktor Tsygankov (Dynamo Kyiv)

Penyerang: Artem Besedein (Dynamo Kyiv), Artem Dovbyk (Dnipro-1), Roman Yaremchuk (Gent), Andriy Yarmolenko (West Ham), Oleksandr Zubkov (Ferencvaros)