Serap Aspirasi dan Usulan Pembangunan, Disdik Pekanbaru Gelar Forum Perangkat Daerah

Kamis, 05 Maret 2020

PEKANBARU - Guna menyerap aspirasi dan usulan pembangunan dalam pengembangan dunia pendidikan di Kota Pekanbaru, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menggelar Forum Perangkat Daerah, pada Kamis (5/2/2020) di Hotel Grand Suka Pekanbaru. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris dan jajaran Disdik Kota Pekanbaru, Komisi II DPRD Pekanbaru, Sabarudi, anggota DPRD Pekanbaru, Aidil Amri, PGRI, Dinas Kesehatan, BPKAD, Dispora, DLHK Pekanbaru, Tokoh Masyarakat dalam dunia pendidikan, Forum Kepala Sekolah Pekanbaru hingga pihak Kelurahan.

Forum perangkat daerah yang digelar oleh Dinas Pendidikan kota Pekanbaru merupakan proses perencanaan pembangunan. Diantaranya, membahas masalah teknis berbagai keputusan yang dirumuskan secara bersama - sama dengan seluruh stokeholder, sesuai dalam Rancangan Kerja Perangkat Daerah untuk tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan tujuan kegiatan forum ini adalah penyelarasan Rencana Kerja (Renja) untuk sinkronisasi dan sinergitas usulan kegiatan yang bersifat sektoral, khususnya di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

"Untuk mewujudkan proses perencanaan tersebut perlu adanya dukungan dari semua pihak yang partisipasi dalam pemerintahan yang berperilaku jujur dan bertanggung jawab," katanya.

Dilanjutkannnya, forum perangkat daerah yang diadakan dinasnya juga akan mengkoreksi serta mengevaluasi berbagai program yang selama ini di jalankan, apakah sudah sesuai dengan program rencana kerja perangkat daerah yang telah berjalan.

"Di kesempatan inilah kita harus duduk bersama, shearing melibatkan semua stakeholder yang terlibat didalamnya, mengevaluasi apa apa yang masih kurang pas, dengan menyempurnakan penyusunan dan penetapan rancana kerja tahun 2021 yang selanjutnya dikoordinasikan dengan Bappeda kota Pekanbaru," sambungnya.

Ditambahkan Jamal, adapun usulan yang masuk nantinya akan disingkronkan dan disesuaikan dalam Rencana Kerja (Renja). Sampai saat ini, Dari usulan yang masuk ada 11 usulan dari kecamatan dan 28 usulan usulan dari pokok pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru.

“Namun pada intinya usulan ini akan kita tampung, kalau tidak ada di dalam Renja, nanti akan kita salurkan ke OPD lain. Mudah-mudahan kedepannya apa yang kita inginkan untuk kemajuan pendidikan Kota Pekanbaru ya dapat terlaksana,” paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Sabarudi mengatakan dengan adanya Forum Perangakat Daerah yang digelar Disdik Pekanbaru, ia berharap usulan-usulan pembangunan untuk pengembangan pendidikan bisa jadi prioritas.

“Dengan adanya forum ini, kebutuhan masyarakat yang paling mendasar terpenuhi, karena menurut saya pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar. makanya hal-hal yang diusulkan Disdik harusnya jadi prioritas pembangunan Kota Pekanbaru disamping hal-hal fisik yang dilakukan ditengah masyarakat, seperti pembangunan darainase, jalan dan lain sebagainya,” pungkasnya.