Sukseskan Program Pj Bupati Kampar, Disdukcapil Kampar Sosialisasi Sadar Adminduk Di Masyarakat Kampar Utara

Sukseskan Program Pj Bupati Kampar, Disdukcapil Kampar Sosialisasi Sadar Adminduk Di Masyarakat Kampar Utara

DESA SAWAH - Guna mencapai satu peta, satu data, satu kebijakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kampar mendorong suksesnya program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Akses data kependudukan akan terus dimutakhirkan sehingga berbagai pelayanan publik yang terintegrasi dan terpadu terwujudkan. Layanan integrasi ke desa binaan untuk menghasilkan data kependudukan yang akurat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar lakukan Pelayanan dan Sosialisasi Sadar Administrasi Kependudukan ke Desa Binaan yakni Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara pada Rabu (8/6/2022). Pelayanan dan Sosialisasi ini dalam rangka program 100 hari kerja Penjabat (Pj) Bupati Kampar.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara tersebut tidak hanya dihadiri oleh ratusan penduduk yang selain berasal dari Desa Sawah tetapi juga dari desa tetangga yaitu Desa Nagaberalih, Desa Kampung Panjang, Desa Sendayan, Desa Sungai Jalau, Desa Muara Jalai, Desa Kayu Aro dan Desa Sungai Tonang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar H. Muslim, S.Sos yang hadir pada kegiatan tersebut juga memberikan Pelayanan dan Sosialisasi Sadar Adminduk.

"Pelayanan dan Sosialisasi Sadar Administrasi Kependudukan terhadap Desa Binaan adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Dimulai dari Pemerintahan desa setempat, ketua RT, RW dan masyarakat," kata Muslim.

Dikatakannya, dokumen kependudukan yang menjadi bagian dari integrasi data administrasi warga antara lain nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, akta kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurutnya, data kependudukan yang baik adalah modal bagi tercapainya berbagai pelayanan publik yang baik dan tepat sasaran. Sebab, hanya dengan data kependudukan, kebijakan akan terumuskan dengan tepat.

"Manfaat dari tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) itu bukan hanya pada pemerintahnya. Jika warga memiliki catatan Adminduk yang baik, maka kami, Pemerintah Kabupaten Kampar bisa melayani warga dengan baik," sebutnya.

Kewajiban Pemerintah, kata Muslim, tidak dapat dituntaskan bila warga tidak memiliki Adminduk yang baik.

Dirinya berharap, warga memiliki kesadaran untuk melengkapi semua yang menjadi kebutuhan Adminduknya dengan tertib. Sehingga Kabupaten Kampar akan dengan mudah menunaikan kewajibannya untuk seluruh warga.

Terutama melalui NIK problem redundansi dalam pelayanan publik bisa teratasi. Warga tidak perlu lagi mengisi formulir yang sama berulang-ulang untuk berbagai pelayanan publik. Dengan mengetik NIK, warga bisa langsung mengakses berbagai layanan publik yang diinginkan.

"Yang tidak kalah penting, kita menginginkan agar masyarakat ketika mendatangi instansi-instansi pemerintah tidak perlu mengisi formulir yang sama berulang-ulang. Dengan NIK, ia langsung bisa mendapatkan pelayanan," katanya.

Ditempat yang sama, Camat Kampar Utara Riska Jonita, S.STP, M.Si juga mengatakan Masyarakat tidak perlu repot dan datang jauh-jauh ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar untuk mengurus atau update data kependudukan, cukup di kantor Pelayanan Kecamatan ataupun di Desa setempat.

"Kami sebagai Camat menghimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus administrasi kependudukan secara langsung dan saya pastikan ini semua gratis," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sawah Edi Wirnata mengatakan terimakasih kepada seluruh pihak terutama Pemkab Kampar dalam hal ini Disdukcapil Kampar, Camat Kampar Utara, Kepala Desa Se Kampar Utara dan seluruh masyarakat yang antusias hadir dalam mensukseskan program ini di Desa Sawah.

"Terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam mensukseskan Pelayanan dan Sosialisasi Sadar Administrasi Kependudukan masyarakat Kampar Utara umumnya Desa Sawah khususnya," ungkap Edi Wirnata.

Selain itu, Edi Wirnata berharap target acara ini dapat tercapai dengan baik dan masyarakatnya dapat terlayani dan tidak sulit untuk mengurus atau update data kependudukannya.

"Semoga dengan kegiatan jemput bola dan Sadar Adminduk ini masyarakat tidak lagi kesusahan mengurus segala keperluan data kependudukannya. Pihak pemerintah Desa Sawah siap bersinergi dan memberikan layanan yang optimal kepada seluruh masyarakat, dibantu juga kami untuk memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan pemerintah dalam kepengurusan administrasi tersebut, " tutupnya.

Berita Lainnya

Index