Rakernas SIWO PWI 2023, Empat Daerah Ajukan Diri Tuan Rumah Porwanas XIV 

Rakernas SIWO PWI 2023, Empat Daerah Ajukan Diri Tuan Rumah Porwanas XIV 
Utusan SIWO PWI seluruh Indonesia foto bersama usai Rapat kerja Nasional 2023 dan pemaparan calon tuan rumah Porwanas XIV 2025. (YAQ/CR1)

MEDAN, celotehriau.com - Empat Provinsi bakal calon tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV melakukan pemaparan singkat kesiapan daerahnya menjadi tuan rumah pada Rapat Kerja Nasional Seksi wartawan olahraga (Rakernas SIWO ) PWI di Hotel Santika Dyandra Medan, Rabu (8/2/2023).

Dalam Rakernas SIWO yang mengambil tema " Kawal Porwanas, PON 2024 dan DBON Mencetak Juara Dunia ini masing -masing bakal calon memaparkan kesiapannya.

Pertama yang diberikan kesempatan adalah Provinsi Aceh.Dikatakannya Aceh yang baru usai menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2024 secara sarana prasarana tentu lebih siap dari tiga rivalnya. 

Jhoni Ramadan Silalahi selaku ketua pimpinan sidang Rakernas SIWO menuturkan  tuan rumah Aceh  siap menggratiskan penginapan peserta, uang makan dan transportasi peserta cuma dikenakan 50 persen.Mereka ingin menjadi  tuan rumah terbaik dalam sejarah penyelenggaraan Porwanas," katanya 

Kemudian pemaparan kedua, sebut Jhoni dilakukan oleh PWI Kalimantan Timur. Utusan dari Benua Etam ini langsung menurunkan Wakil Ketua PWI Kaltim Wiwik Mahendra. Ia mengaku siap memberikan penyajian yang berbeda dari Porwanas tahun 2007 lalu.

Wakil ketua PWI Kaltim ini menyebutkan  akan menggelar seluruh pertandingan di kota Balikpapan yang sangat strategis. Dimana cuma 10 menit saja jaraknya dari Asrama Haji yang disiapkan sebagai tempat penginapan.

"Kami menawarkan pembagian medali secara merata khususnya diadakan juara bersama untuk perebutan medali perunggu. Dan tak kalah penting, peserta Porwanas bisa melihat dan meninjau Ibukota negara yang baru," ucapnya 

Setelah Kalimantan Timur, giliran Sumatera Barat yang mengaku sudah mengantongi surat  dukungan dari Gubernur Sumatera Barat dan Ketua DPRD Sumatera Barat ."Intinya Sumatera Barat siap menjadi tuan rumah Porwanas tanun 2025,

Sementara utusan SIWO PWI Solo dalam pemaparannya menyebutkan  jika pencalonan Solo menjadi tuan rumah karena permintaan dari Walikota Solo Gibran Rakabuming Rakha.

"Solo siap menjadi tuan rumah jika Porwanas digelar pada tahun 2024. Namun jika digelar tahun 2025, PWI Solo mengaku angkat tangan, karena tahun itu periode kepemimpinan nya sudah selesai," ucapnya.

Dalam rapat kerja nasional SIWO tahun   2023 yang dibuka SIWO PWI Pusat AA GAA Ariwangsa ini juga hadir Ketua Exco Olimpiade (National Olympic Committe( NOC)  Jadi Rajagukguk mewakili Raja Sapta Oktohari 

Dalam rakernas yang dihadiri 28 utusan   SIWO PWI dari 35 SIWO PWI Provinsi ini, Ketua SIWO Sumatera Utara Joni Ramadhan Silalahi dipilih menjadi pimpinan sidang bersama empat orang utusan PWI SIWO provinsi.

Dari rapat kerja nasional ini menghasilan beberapa keputusan penting.Antarlain,  tentang tujuan Porwana,  periode pelaksanaan Porwanas.Yakni tiga tahun sekali. Kemudian bagi calon tuan rumah harus mengirimkan surat permohonan yang ditandatangani Ketua PWI dan Ketua SiWO Provinsi kepada PWI Pusat dan di CC kan ke SIWO Pusat 

Kemudian calon tuan rumah juga mendapatkan surat rekomendasi kesiapan dari pemerintah daerahnya, gubernur dan.ketua DPRD provinsi.Lalu bagi calon tuan rumah harus membayarkan uang jaminan kesanggupan sebagai tuan rumah,.dimana besaranya.akan ditentukan dalam rakernas selanjutnya. Terakhir untuk penentuan tuan rumah akan diputuskan SIWO PWI dalam Rakernas lub.

Turut hadir dalam pembukaan rakernas ini  Sekjen KONi Pusat TB Ade Lukman, Ketua KONI Sumut  Joni Lubis Ketua SIWO Pusat AA GWA Ariwangsa dan Ketua Exco NOC Indonesia Jadi Rajagukguk. (IUD)

 

INI KEPUTUSAN
RAPAT KERJA SIWO PWI
HOTEL SANTIKA DYANDRA, MEDAN 8 FEBRUARI 2023

Peserta Rapat Kerja Nasional SIWO PWI Pusat, yang berlangsung
8  Februari 2023 di Hotel Santika Dyandra Medan.
Setelah mempelajari masukan dari  peserta Rapat Kerja Nasional SIWO PWI Pusat.

MEMUTUSKAN
1. Tujuan Porwanas
   Menjadikan Porwanas sebagai wadah silaturahim guna meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan sesama wartawan Indonesia dengan menegakkan segala peraturan yang telah disepakati bersama.

2. Pelaksanaan Porwanas 3 tahun sekali dihitung setelah pelakasanaan berikutnya tahun 2024 atau 2025

3. Setiap daerah yang ingin menjadi tuan rumah Porwanas harus memenuhi persyaratan :
- Mengirim surat permohonan yang ditandatangani Ketua PWI dan Ketua SIWO ditujukan kepada PWI Pusat dan ditembuskan kepada SIWO Pusat
- Menyetorkan dana jaminan pendaftaran yang diserahkan kepada SIWO Pusat
- Melampirkan surat pernyataan kesanggupan dari kepala daerah dan ketua DPR

4. Seluruh peserta porwanas wajib memenuhi syarat :
- Anggota Biasa PWI (dibuktikan dengan kartu)
- Memiliki sertifikat uji kompetensi wartawan
- tidak tercatat sebagai atlet nasional

5. Empat daerah menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah porwanas. Masing-masing daerah telah memaparkan kesiapan tersebut dengan poin sebagai berikut :
ACEH:
- infrastruktur olahraga telah siap karena menjadi tuan rumah PON 2024
- Menggung biaya penginapan atlet
- Menanggung 50 persen dana konsumsi

KALIMANTAN TIMUR
- Memperlihatkan istana negara baru
- Pelaksanaan di Kota Balikpapan
- fasilitas olahraga lengkap
- atlet tidak boleh tanding di dua nomor

SUMATERA BARAT
- Siap melaksanakan dengan bukti surat dukungan kepala daerah

SOLO
- siap melaksanakan dengan syarat pelaksanaan 2024

6. Penentuan tuan rumah dan waktu pelaksanaan akan diputuskan pada Rakernaslub SIWO 2023

7. Rakernaslub SIWO 2023 akan diumumkan dalam waktu dekat menunggu kepastian calon tuan rumah atau pelaksana

8. Tuan Rakernas 2024 adalah tuan rumah HPN 2024

Tertanda Pimpinan Rapat 
Ketua : Johny Ramadhan Silalahi
Anggota : 
- Widyo Suprayogi
- Irwansyah
- Jimmy Endey
- Wahyu C. H.

Berita Lainnya

Index