Kurangi Angka Pegangguran, Disnakertrans Provinsi Riau Riau Gelar Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2019

Kurangi Angka Pegangguran, Disnakertrans Provinsi Riau Riau Gelar Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2019

PEKANBARU, CELOTEHRIAU.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menggelar Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2019 di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (22/4/2019). Program ini merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Pusat dalam mengurangi angka pengangguran terbuka di Indonesia.

Sebab melalui pemagangan ini diharapkan akan terjadinya penyerapan tenaga kerja di perusahaan tempat magang peserta atau pun di perusahaan lain sesuai dengan kejuruannya. Karena peserta sudah mendapatkan keterampilan dan pengalaman kerja di saat pelatihan dan pemagangan di perusahaan.

"Dengan meningkatnya angka pencari kerja dari tahun ke tahun, ditambah lagi tidak terserapnya semua lulusan SLTA atau SMK di perguruan tinggi, dan juga ada pencari kerja luar Provinsi Riau yang sengaja datang ke Riau untuk mengadu nasib mencari pekerjaan yang mengakibatkan angka pengangguran terbuka di Riau semakin bertambah," kata Wakil Gubenur Riau, (Wagubri) Edi Natar Nasution saat membuka acara ini.

Lebih lanjut Edy mengungkapkan, dengan semakin bertambahnya angka pengangguran tersebut, mengakibatkan pencari kerja kita tidak punya pilihan lain, mereka harus memasuki pasar kerja, baik pasar kerja di dalam negeri maupun pasar kerja di luar negeri.

"Permasalahan yang akan dihadapi adalah apakah tersedia lowongan pekerjaan yang cukup di dalam maupun di luar negeri untuk menampung para pencari kerja kita secara umum masih belum sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pengguna jasa tenaga kerja atau perusahaan. Akibatnya angka pengangguran di Provinsi Riau semakin hari semakin bertambah," ujarnya.

Edi mengatakan, hal ini tidak saja merupakan tanggungjawab Pemerintah, namun merupakan tanggung jawab bersama. Antara Pemerintah, pihak swasta dan masyarakat. 

"Oleh sebab itu kita dituntut mencurahkan segala upaya untuk memperluas kesempatan kerja, baik kesempatan kerja dalam negeri maupun kesempatan kerja luar negeri," katanya. (C14)

Berita Lainnya

Index