Kumpulkan Pejabat dan Dirut Perusahaan Daerah, Walikota Paparkan Tiga Strategis Tingkatkan Perekonomian

Kumpulkan Pejabat dan Dirut Perusahaan Daerah, Walikota Paparkan Tiga Strategis Tingkatkan Perekonomian
Walikota Pekanbaru, Firdaus saat memimpin rapat.

PEKANBARU – Walikota Pekanbaru, Firdaus, siapkan tiga langkah strategis dalam penguatan ekonomi. Tiga langkah strategis tersebut disampaikan Walikota Pekanbaru saat memimpin rapat tentang upaya yang akan dilakukan Pemko Pekanbaru dalam penguatan Perusahaan Daerah (PD), Minggu (3/11), sebagai tindak lanjut dari program pemerintah pusat dalam peningkatan ekonomi Lima tahun kedepan.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, program pemerintah pusat tentang pengembangan ekonomi lima tahun tersebut 75 persen akan mengeksplorasi potensi yang ada di Pulau Sumatera.

Untuk itu kata Firdaus, kita harus siap, sebab Riau bisa dibilang sebagai jantungnya Sumatera. “Kota Pekanbaru khususnya diprediksi sebagai daerah sentral, menjadi gerbang industri potensial di Asia,” katanya.

Dikatakan Firdaus, tiga langkah strategis yang akan dilakukan adalah, Pertama, pengembangan kawasan Industri Tenayan Raya sebagai Industri Komoditi. Yang diperkuat oleh PT. Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP). "Dari komoditi industri ditargetkan bisa menghasilkan dua juta ton kelala Sawit pertahun. Selain komoditi Sawit, juga kita siapkan untuk industri manufaktur," ujar Wako.

Kedua, Pemerintah kota Pekanbaru akan menyiapkan sarana transportasi dengan pengembangan Trans Metro Pekanbaru (TMP) biar semakin lincah dalam memberikan pelayanan. Selanjutnya, wisata halal akan menjadi tujuan pelancong domestik dan luar negeri. Khususnya para vegetarian yang mencari makanan olahan. Untuk itu kita siapkan akses yang mudah, murah dan cepat dan TMP merupakan solusinya, terang Firdaus.

Sementara strategi yang ketiga Ketiga adalah konsen dalam penguatan ketersediaan pangan. Sementara Pekanbaru bukan daerah penghasil pangan. Untuk menanggulangi ketersediaan pangan, Pemko Pekanbaru akan bekerjasama dengan daerah penghasil pangan. Sehingga ketersediaan pangan, kualitas dan harga komoditasnya mesti bersaing.

Dengan tiga langkah strategis tersebut, diharapkan bisa menjawab tantangan penguatan ekonomi yang dibebankan pemerintah pusat, pungkasnya.

Rapat yang dipimpin langsung Walikota tersebut dihadiri Asisten I, II dan III, Kepala Bappeda, DPP, Dinas Koperasi UMKM, PUPR dan Dinas Perhubungan dan pimpinan perusahaan daerah di Pekanbaru.  (ADVERTORIAL)

Berita Lainnya

Index