PJ  Bupati Rohil Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar Tradisional

PJ  Bupati Rohil Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar Tradisional
PJ Bupati Rokan Hilir Rudyanto saat melakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan di Pasar Kamis , 15 Oktober 2020 kemarin .(ISTIMEWA)

ROKANHILIR-- -Peningkatan yang signifikan, kasus positif Covid 19, beberapa pekan ini, membuat kewalahan tenaga kesehatan (Nakes) dan jajaran Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid 19 di sejumlah daerah.

Kondisi memprihatinkan itu, ternyata belum dapat menjadikan pelajaran dan bisa merubah perilaku sebahagian masyarakat. Pasalnya masih banyak yang lalai memakai masker diluar rumah, tidak mau mencuci tangan dan masih banyak ditemukan warga yang  berkerumun.

Semua itu tersaji dan disaksikan langsung Rudyanto. SH. Msi  Pj Bupati Rokan Hilir saat meninjau penegakan dan penerapan disiplin kesehatan Covid 19 di beberapa pasar tradisional.Salahsatunya  Pasar Kamis di Kepulauan Karya Mukti Kecamatan Rimba Melintang, Kamis (15/10/2020).

" Saya bersama Kadis Kominfo, Kasat Pol PP dan Camat Rimba Melintang, sengaja meninjau di beberapa  pasar tradisional, guna melihat secara langsung masyarakat melakukan penerapan Protokol Kesehatan Covid 19.Namun masih banyak yang abai terhadap protokol kesehatan," kata Rudyanto.

Padahal, kata Rudyanto, jajaran Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid 19 diberbagai tingkatkan mulai dari Kabupaten, Kecamatan dan kelurahan  telah melakukan sosialisasi secara masif, namun upaya yang dilakukan belum sepenuhnya diikuti oleh masyarakat.

Sebagaimana diketahui dalam perilaku hidup baru atau  fase new normal sebut Rudyanto, upaya pemerintah bersama unsur terkait Pemda, TNI Polri dan Nakes terasa semakin berat, karena tidak saja  menangani kasus pencegahan corona saja, akan tetapi yang tak kalah penting adalah dalam mengubah  prilaku manusia atau membiasakan perilaku , agar menerapkan kebiasaan  disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya sehari-sehari.

"Ya, meskipun diberbagai tempat Tim Yustisi Covid 19 telah memberlakukan sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan, namun masih banyak yang dijumpai masyarakat yang lalai dalam memakai masker dan lain sebagainya," imbuhnya 

Pada kesempatan itu, Pj  Bupati Rudyanto tak bosan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa membiasakan diri untuk menerapkan gerakan 4 M.Yakni memakai masker bila berada diluar rumah, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan dan menjaga kebugaran. 

"Dengan melaksanakan 4 M, berarti kita telah melaksanakan tanggung jawab terhadap keselamatan kita sendiri dan keselamatan orang lain, terutama keselamatan dan keluarga yang kita cintai," tutupnya.(rls)


 

#riau

Index

Berita Lainnya

Index