5 Olahraga yang Memperkuat Pernafasan 

5 Olahraga yang Memperkuat Pernafasan 

CELOTEHRIAU---Pernapasan yang sehat bisa didapatkan dengan olahraga yang rutin. Terdapat sejumlah olahraga yang secara khusus dapat menguatkan pernapasan.

Olahraga tertentu dapat melatih otot dada, paru-paru, dan jantung sehingga dapat memperkuat pernapasan. Pernapasan bisa menjadi lebih sehat dan panjang.

"Lakukan olahraga yang sifatnya menggerakkan otot dada dan menarik napas panjang," kata dokter spesialis paru, Budhi Antariksa dalam diskusi yang digelar Kalbe Farma, Rabu (18/11).


Berikut 5 olahraga yang dapat memperkuat pernapasan.

1. Berenang
Gerakan renang melatih otot dada dan juga pernapasan. Berenang disarankan untuk para penderita paru-paru obstruktif kronik (PPOK)

"Berenang bisa memperkuat otot pernapasan dan membantu paru-paru mengambil oksigen lebih kuat lagi, yang sangat dibutuhkan oleh PPOK," tutur Budhi.

2. Senam Asma
Meski bernama senam asma, senam ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Senam ini dirancang khusus untuk memperkuat otot pernapasan melalui sejumlah gerakan.

3. Berjalan
Berjalan hingga berlari juga dapat memperkuat pernapasan. Lakukan olahraga ini sesuai dengan kapasitas diri.

4. Bersepeda
Bersepeda dapat meningkatkan aktivitas kardio sehingga membantu jantung dan pertukaran oksigen lebih baik.

5. Latihan lengan
Melatih lengan dengan menggunakan alat berat atau barbel juga dapat melatih otot dada dan pernapasan. Latihan ini dapat memperkuat pernapasan.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan olahraga yang memperkuat pernapasan secara rutin lima kali seminggu selama 30 menit hingga 1 jam dengan intensitas sedang.

Berita Lainnya

Index