Antisipasi Arus Balik Lebaran. Kapolresta Pekanbaru, “ Posko Penyekatan Akses Keluar Masuk Kota Pekanbaru Diperketat,”

Antisipasi Arus Balik Lebaran. Kapolresta Pekanbaru, “ Posko Penyekatan Akses Keluar Masuk Kota Pekanbaru Diperketat,”
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap pengendara diperbatasan Pekanbaru - Kampar

CELOTEHRIAU - Antisipasi arus balik Lebaran, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K.,M.H terus mengintensifkan posko - posko penyekatan pada jalur yang menjadi akses masuk ke Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Pemeriksaan diposko penyekatan semakin diperketat bertujuan agar 'migrasi' Covid-19 dapat diantisipasi pasca lebaran Idul Fitri, terutama bagi warga yang masuk ke Kota Pekanbaru. Hal serupa juga diantisipasi bagi mereka yang ke luar. Salah satu yang menjadi atensi adalah jalur lintas barat yang menghubungkan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar.

"Kita terus maksimalkan fungsi posko penyekatan. Petugas kita memeriksa kendaraan, baik itu yang hendak masuk atau yang meninggalkan kota (Pemeriksaan kedua arah, red)," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K.,M.H.

Dipaparkan Kapolres bahwa pemeriksaan di posko penyekatan dilakukan secara maksimal, meski sudah H+2 lebaran. Pemeriksaan harus optimal karena mobilitas masyarakat meningkat dan akan terjadi antrian kendaraan pada posko penyekatan.

"kita mohon maaf bila terjadi antrian, karena petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap pengendara," papar Kapolres.

Lebih jauh, jalur lintas barat Kota Pekanbaru merupakan akses yang setiap tahun selalu dipadati kendaraan pemudik. Wilayah tersebut menjadi atensi Kapolresta Pekanbaru dalam penjabaran aturan peniadaan mudik tahun ini oleh pemerintah. 

“Pemeriksaan juga kita maksimalkan pada jam-jam tertentu ataubdimana pengendara akan melintas," beber Nandang.

Tidak hanya itu, Patroli dilokasi-lokasi yang berpotensi akan terjadinya kerumunan, dengan sasaran tempat keramaian, kafe, tempat nongkrong dan sejenisnya juga dilakukan,

“Patroli lokasi yang berpotensi menjadi tempat kerumunan juga kita lakukan hijgga saat ini," tutur Kombes Nandang.

Orang nomer satu dijajaran Polresta Pekanbaru tersebut mengimbau kepada masyarakat kota Pekanbaru untuk mengurangi mobilitas di luar rumah, jika tidak ada keperluan yang mendesak,

"Kita himbau kepada masyarakat agar dirumah saja, karena angka penyebaran Covid-19 di Pekanbaru relatif masih tinggi," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index