Diserahkan Langsung oleh Walikota, BPKAD Pekanbaru Raih Penghargaan LAKI Tahun 2020 dengan Predikat Baik

Kamis, 24 Juni 2021 - 23:47:08 WIB Cetak

Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Syoffaizal saat menerima secara langsung piagam penghargaan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) dari Walikota Pekanbaru, Firdaus.

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus memberikan piagam penghargaan dari hasil pengawasan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) kepada 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kota Pekanbaru, Kamis (24/6/2021).

Penghargaan tersebut diberikan kepada OPD yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat baik” dan “baik” saat acara Sosialisasi Penyelamatan Arsip Negara Secara Sistematik dan Terkendali dengan mengundang Direktur Akuisisi Arsip ANRI, Rudi Anton, SH,MH selaku narasumber.

Salah satu OPD penerima piagam penghargaan dari hasil pengawasan LAKI ini adalah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru dengan prediket 'Baik'.

Kepala BPKAD Kota Pekanbaru, Syoffaizal menerima secara langsung piagam penghargaan tersebut dari Walikota Pekanbaru Firdaus. Ia mengatakan, raihan penghargaan tersebut merupakan buah dari kerjasama Tim BPKAD Pekanbaru yang selama ini telah bekerja dengan baik.  

"Alhamdulillah, kita jadi salah satu dari 14 OPD meraih penghargaan dari hasil pengawasan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI). hal ini tak terlepas dari kerjasama tim dari BPKAD yang selama ini telah bekerja dengan baik, berkat seluruh Tim kita berhasil meraih prediket BAIK," ungkap Syoffaizal.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus dalam sambutannya pemerintah memberikan apresiasi kepada perangkat daerah dengan kategori sangat baik dan baik. Hasil audit ini untuk memotret kondisi penyelenggaraan kearsipan di masing-masing perangkat daerah.

Firdaus menambahkan pengawasan kearsipan dilakukan bukan untuk mencari kesalahan OPD, tetapi diperuntukan untuk merumuskan permasalahan dan mencari solusi melalui rekomendasi perbaikan dan tindaklanjut untuk meningkatkan kinerja pencipta arsip dalam pengelolaan arsip dinamis di lingkungan pemerintah kota pekanbaru.

“Kami berharap agar seluruh perangkat daerah di Kota Pekanbaru segera melaksanakan pengelolaan arsip dinamis, mengusulkan rencana anggaran untuk menyediakan sarana dan prasarana kearsipan. Serta memfasilitasi ketersediaan SDM untuk mengisi jabatan fungsional arsiparis dan pengelola arsip,” jelasnya.

Pengelolaan arsip dinamis perlu mendapat perhatian dalam pelaksanaannya karena kualitas pengelolaan arsip dinamis akan mendukung dalam Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. 

Lebih lanjut, Firdaus menambahkan dengan derasnya arus informasi menjadi tantangan bagi dunia kearsipan khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan, terutama kaitannya dengan jaminan ketersediaan informasi dari arsip yang tercipta dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah itu sendiri kepada public dengan komitmen dan konsistensi dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).

“Kami berharap pemberian penghargaan ini dapat memacu semangat OPD lainnya untuk  dapat memperbaiki tata kelola kearsipan dan penyelamatan arsip negara di Lingkungan Pemerintah, sehingga arsip dapat bernilai guna seluas-luasnya bagi kepentingan masyarakat dan menunjang terwujudnya pemerintahan berbasis elektronik yang efektif dan efisien,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Nelfiyonna selaku Kepala Lembaga Kearsipan Daerah Kota Pekanbaru berpesan  bagi perangkat daerah yang berkategori cukup dan kurang untuk segera menindaklanjuti hasil rekomendasi dengan cara melakukan pengelolaan arsip dinamis, penyediaan sarana dan prasarana, SDM dan lainnya.

“Untuk mencapai itu, setiap pencipta arsip berkewajiban untuk melaksanakan penyelenggaraan kearsipan yang tertib, sistemik, dan terkendali, sehingga penyelamatannya dapat dikendalikan melalui satu sistem yang komprehensif,” ungkap Nelfiyonna.

Berikut daftar OPD penerima penghargaan LAKI Kota Pekanbaru tahun 2020, yakni :

1. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekanbaru “Baik”

2. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru “Baik”

3. Dinas Koperasi, Usaha, Kecil, dan Menengah Kota Pekanbaru “Baik”

4. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru “Baik”

5. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru “Baik”

6. Kecamatan Sail Kota Pekanbaru “Baik”

7. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru “Baik”

8. Inspektorat Kota Pekanbaru “Baik”

9. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pekanbaru “Baik”

10. Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru “Baik”

11. Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru “Baik"

12. Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru “Sangat Baik”

13. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pekanbaru “Sangat Baik”

14. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru “Sangat Baik”



Tulis Komentar +
Berita Terkait+