Dari  Pembukaan Pelatihan SKPP,  Wabup Husni :  Kita Semua Pengawal dan Pengawas Proses Demokrasi. 

Dari  Pembukaan Pelatihan SKPP,  Wabup Husni :  Kita Semua Pengawal dan Pengawas Proses Demokrasi. 

CELOTEH RIAU--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia melaksanakan pembukaan  Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tahun 2021, di Hotel Grand Mempura, kabupaten Siak, Jumat (10/9/2021).

Pembukaan SKPP tahun 2021 dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI Moch Affifuddin. Turut hadir dalam pembukaan ini,  Wakil Bupati Siak  Husni Merza, Bupati Kepulauan Meranti M Adil,  Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota Siak, Meranti dan Pekanbaru. 

Pelatihan SKKP  ini diikuti oleh  90 orang yang terdiri  dari 2 Kabupaten yakni Siak dan Meranti dan 1 kota Pekanbaru dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 10 sampai dengan 12 September 2021.

Ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan dalam sambutannya menyampaikan pelatihan kader ini sangat penting dalam mewujudkan penyelenggaran pemilu yang transparan, bermarwah, bermarabat dan berkualitas.

" Ini adalah salah satu jawaban dari selentingan orang terhadap pemilu yang dilakukan dengan curang," kata Rusdi.

Disisi lain pimpinan Bawaslu RI Moch Affifuddin SKPP menuturkan giat ini merupakan program nasional sejak 2017. Program ini digekar secara bertahap. awalnya hanya dilaksanakan 5 Provinsi 

"Berjalannya waktu dan sesuai untuk menopang kebijakan serta visi misi presiden,  program ini dianggap merupakan pendidikan politik bagi  masyarakat untuk  berhubungan dengan pengawasan pemilu.Dan tahun 2021 akan ada 10 ribu pendidikan untuk kader pengawas hingga akhir tahun."ucap Affifuddin. 

Dalampada itu, Wabup Husni mengucapan selamat datang kepada pimpinan Bawaslu RI Bapak Moch Affifudin yang telah berkenan mengunjungi Siak."Semoga ini bukan kedatangan yang pertama dan terakhir biasanya kalau sudah terminum air Siak,  insyaallah akan ada kunjungan seterusnya."ucap Husni

Orang nomor dua kabupaten Siak ini menambahkan kegiatan sekolah kader pengawas partisipatif(SKPP) merupakan salah satu kegiatan utama Bawaslu dalam program pengawasan."Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam memberi pendidikan politik kepada masyarakat."kata Wakil Bupati Siak Husni Merza. 

Guna mendukung peran Bawaslu dalam kemurnian suara rakyat,Husni menuturkan atas nama pemerintah kabupaten siak mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Bawaslu yang telah memilih kabupaten Siak menjadi tempat  pelaksanaan SKPP.

"Semoga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat kabupaten Siak dalam menjalankan hak demokrasi sebagai pemilih maupun pengawal proses demokrasi, "tutupnya.(inf/CR1)

#riau

Index

Berita Lainnya

Index