7 Pilihan Olahraga untuk Diet  bagi Remaja 

7 Pilihan Olahraga untuk Diet  bagi Remaja 

CELOTEH RIAU--Tubuh umumnya mengalami perubahan saat memasuki fase remaja. Salah satunya berkaitan pada pertambahan berat badan.
Bagi remaja yang sangat memperhatikan perkembangan fisik, kenaikan berat badan dapat mengganggu penampilan dan menjadikan kurang percaya diri.

Selain menerapkan pola makan sehat, remaja sangat perlu berolahraga sebagai penyeimbangnya agar badan tetap aktif. Terlebih manfaatnya bisa membuat badan bugar serta memaksimalkan kerja metabolisme tubuh.

Ada banyak jenis olahraga untuk diet remaja dengan kategori aman, tidak terlalu berat, dan tentunya menyenangkan. Berikut pilihannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersepeda

 

Bersepeda memang cocok untuk berbagai kalangan usia termasuk remaja usia 13-18 tahun. Aktivitas bersepeda tak hanya menyenangkan tapi dapat membantu melunturkan lemak tubuh secara menyeluruh, mengutip Healthline.

Selain itu, manfaat bersepeda bisa menjaga kesehatan jantung serta mengencangkan beberapa bagian tubuh seperti betis dan paha.


2. Berenang

Olahraga air seperti berenang bermanfaat dalam membentuk badan menjadi lebih tinggi khususnya pada remaja yang pertumbuhannya sedang aktif.

Berenang sangat efektif membakar kalori, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot serta menumbuhkan rasa percaya diri.


3. Yoga

 

Yoga merupakan latihan mengolah tubuh sekaligus menyatukan keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan napas, merujuk Kids Health.

Tidak hanya dewasa, remaja juga dapat latihan yoga secara rutin karena manfaatnya banyak. Beberapa di antaranya mengurangi stres, serta meningkatkan fleksibilitas dan stamina.


4. Menari

Olahraga untuk diet remaja bisa dengan menari. Gerakan menari umumnya menyenangkan karena diiringi musik, sehingga mampu menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Manfaat lain yang diperoleh dari menari tidak hanya membakar kalori, melainkan dapat melatih koordinasi dan fleksibilitas, mengontrol emosi, serta menstimulasi kemampuan memori.


5. Aerobik


Sama seperti menari, gerakan pada aerobik umumnya berfokus membakar lemak tubuh secara menyeluruh. Anda cukup lakukan selama 30-60 menit per hari.

Para remaja yang sedang diet dapat mengikuti kelas aerobik karena manfaatnya cukup banyak. Terutama untuk stamina, kesehatan jantung, serta kemampuan kognitif.


6. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan seperti sit back, chair squats, butterfly breath cukup efektif dalam membangun kekuatan otot remaja.

Selain otot, kelenturan tubuh remaja dapat dilatih dengan olahraga seperti bela diri karate, balet, atau gimnastik.


7. Bulu tangkis


Olahraga bulu tangkis sangat baik bagi remaja karena bisa membantu menguatkan tulang dan otot. Gerakannya yang memaksa tubuh untuk bergerak sangat efektif membakar kalori tubuh menyeluruh.

Manfaat lain mengikuti dari bulu tangkis dapat meningkatkan mood, menguatkan jantung dan paru-paru, serta melatih ketangkasan dan fleksibilitas tubuh khususnya pada remaja.

Menjalani olahraga untuk diet remaja secara rutin memang berguna dalam memaksimalkan proses penurunan berat badan, memperbaiki mood, sampai mengurangi gejala depresi.

Tapi perlu diingat, bahwa peran orang tua juga penting untuk mengawasi pola diet yang dijalani remaja. Pastikan mereka melakukan diet sehat seimbang supaya tidak mengalami malnutrisi.

 

Berita Lainnya

Index