PON XX di Papua, Riau Peringkat 8 Nasional, Jawara Pulau Sumatera

Kamis, 21 Oktober 2021 Cetak

PEKANBARU--Pesta olahraga multi iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021, sudah 688 medali emas 675 perak dan 849  perunggu atau total 2212 medali direngkuh kontestan dari 34 provinsi.

Kontingen Riau finis diperingkat 8 besar nasional dengan  mengoleksi  21 medali emas 25 medali perak dan 21  medali perunggu atau total 67 medali,  kontribusi dari 21 cabang olahraga.

Selain itu, kontingen Bumi Lancang Kuning  juga masih jawara  di Pulau Sumatera.

Jawa Barat menjadi juara umum dengan 133   medali emas 105 Perak  dan 115 perunggu, disusul DKI Jakarta dengan 111 emas 91 perak dan  99 perunggu.Peringkat ketiga  Jawa Timur dengan  110 emas 89  perak dan 88 perunggu. 

Sementara  tuan rumah Papua 94 emas 66 perak  102 perunggu disusul , Bali diperingkat kelima dengan  28  emas 25 perak 53 perunggu.Lalu  Jawa Tengah diposisi keenam dengan 27 emas  47 perak dan  64  peruggu, dan  Kalimatan Timur diposisi ketujuh dengan  25 medali emas 33 Perak dan 42  perunggu.

Dan peringkat paling bawah alias juru kunci diisi Maluku Utara dan Sulawesi Barat yang bertengger diurutan ke 33 dan 34 dengan torehan dua medali perunggu.

Prestasi Riau pada  PON XX di Papua 2021 juga mendapatkan apresiasi dari  Gubernur Riau Drs H Syamsuar.

"Alhamdulillah kontingen Riau berhasil finis diperingkat 8 besar nasional.Prestasi atlet Riau di PON Papua cukup menggembirakan," katanya.

Ketua Kontingen Riau di PON XX di Papua 2021 Denni Ermanto Iddehan menyebutkan prestasi yang ditorehkan ini merupakan kerjasama seluruh elemen.Baik atlet, pelatih, ofisial termasuk tim pengamanan sehingga target 10 besar yang dicanangkan dapat tercapai.

"Alhamdulillah, prestasi ini patut disyukuri, meski secara peringkat Riau turun  dari ketujuh ke peringkat delapan, namun secara perolehan medali Riau mengalami peningkatan," katanya.

Deni yang juga Sekum KONI Riau ini menyebutkan meski mencapai target, akan tetapi pihaknya akan melakukan  evaluasi terhadap cabang olahraga.Baik yang berhasil maupun yang belum berhasil.

"Kita akan evaluasi setiap cabang olahraga. Namun KONI tetap berbangga dengan hasil yang diraih ini," katanya.

Senada Plt Ketua KONI Riau, Raja Marjohan Yusuf, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus cabang olahraga, official, para atlet dan juga pihak keamanan yang telah mensukseskan keikutsertaan Riau pada multi iven empat tahunan in

"Torehan peringkat ke 8 PON XX di Papua 2021 ini merupakan bukti sukses bersama seluruh elemen, ofisial, tenaga kesehatan, tenaga pengamanan,  atlet dan pengurus cabor, media yang selalu memberitakan keberhasilan Riau, terimakasih Jayapura, terimakasih Papua.Sampai jumpa di PON 2024 Sumut -Aceh," tutupnya.

Sebagaimana diketahui pada PON XX di Papua, KONI Riau  mengirimkan sebanyak 176 atlet dan official cabor 87 orang terdiri teknisi, manejer dan pelatih. Kemudian official pelatih ada 46 orang, tim kesehatan 7 orang, dan tim keamanan 30 orang.***