KPU Pekanbaru Silaturahmi Dengan Pimpinan DPRD Pekanbaru

Rabu, 23 Oktober 2019 Cetak

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru mengunjungi DPRD Pekanbaru Rabu (23/10/2019) siang. Kunjungan ini langsung diterima Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani, Plt Sekretaris DPRD Zulfahmi Adrian di ruang kerja Ketua DPRD Pekanbaru.

Sementara rombongan KPU, dipimpin Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto serta beberapa orang komisioner. "Kunjungan ini merupakan silaturahmi saja dengan anggota DPRD Pekanbaru periode 2019-2024, " kata Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto.

Selain menjalin ingin menjalin tali silaturahim dengan pimpinan DPRD Pekanbaru, lanjut Anton, pihaknya juga mengucapkan terima kasih karena telah memberikan partisipasi dan support kepada KPU Pekanbaru terhadap suksesnya pelaksanaannya.

"Kita ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh anggota DPRD Pekanbaru atas partisipasi dan dukungan yang diberikan, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman, sukses dan lancar," katanya.

Kunjungan KPU Pekanbaru ini karena proses Pemilu 2019 sukses diselenggarakan di Kota Pekanbaru. Buktinya keikutsertaan pemilih diangka 80 persen lebih, dan kota Pekanbaru pun dinobatkan sebagai kota dengan tingkat partisipasi pemilih terbesar dari 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani mengakui hal itu. Katanya, sukses pelaksanaan Pemilu di antaranya memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Riau, dan DPRD Kabupaten/Kota, kedepannya, yang harus diperbaiki itu adalah soal data penduduk pemilih.

Disebutkan Politisi PKS ini, menjadi tugas bersama, tidak hanya KPU, maupun Pemko Pekanbaru. DPRD Kota Pekanbaru pun siap mensupport soal data ini agar benar-benar riil.

"Soal data ini kan memang harus diperbaiki dan diperbarui lagi. Makanya kita dari DPRD sendiri sudah mendengarkan laporan dari KPU, dan kita berkomitmen bersama-sama untuk ikut mensupport memperbaiki data penduduk," papar Hamdani.

Ke depan, lanjut Hamdani lagi, supaya proses Pemilu selanjutnya dapat kembali berjalan lancar dan tingkat persentase pemilih terus meningkat untuk Pekanbaru.

"Kan ada proses-proses yang harus dilalui lebih dulu, yaitu pendataan tadi, agar tidak ada simpang siur lagi. Dan jumlah penduduk pemilih ini berkaitan dengan jumlah kursi di DPRD Pekanbaru, jika saat ini hanya 45, kedepan dengan riilnya jumlah penduduk sampai 1,3 juta jiwa tentu bisa menjadi 50 kursi," paparnya.

Hampir satu jam melakukan pertemuan, KPU Pekanbaru akan tetap memperbaiki data kependudukan, serta memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula selama periodesasi tugas. (galeri/parlementaria)