Malam Nuzulul Qur'an, Sekda Bahas Surat Al-Baqarah Ayat 185

Selasa, 19 April 2022 | 11:10:16 WIB

DUMAI, celotehriau.com - Malam Nuzulul Qur'an menjadi momentum berharga bagi Umat Islam yang terjadi di bulan Ramadan, karena di malam 17 Ramadhan inilah Al-Qur’an diturunkan. 

Hal yang harus diyakini pada peringatan Nuzulul Qur'an yakni  Al-Quran merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan pada Bulan Ramadhan dimaksudkan untuk menjadi petunjuk kepada seluruh umat akhir zaman.

"Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 185 yang artinya: Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qu'ran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)," ucap Sekretaris Daerah Kota Dumai H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si dalam sambutannya pada Acara Kajian Menyambut Malam Nuzulul Qur'an, bertempat di Masjid Agung Al Manan, Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Senin (18/4/2022) malam 

Indra Gunawan mengungkapkan bahwa Peringatan Malam Nuzulul Qur'an merupakan sebuah momentum yang membawa banyak pelajaran berharga dan hikmah bagi siapapun yang merenunginya.

"Inti dari peringatan ini bukan hanya sekedar perayaan semata, melainkan agar umat Islam mengambil hikmah atas turunnya Al-Qur'an. Dengan begitu, umat diharapkan semakin dekat dengan Al-Qur'an, semakin rajin membaca, mentadabbur makna, dan mengamalkannya," tuturnya.

Tak hanya itu, Sekdako Dumai menghimbau dan mengajak kepada jama'ah Masjid Agung Al Manan untuk senantiasa meramaikan dan memakmurkan masjid-masjid kita.

"Kita bisa melihat bahwa begitu pesatnya pembangunan masjid di Kota Dumai. Tentunya kita berharap, hal ini sejalan dengan ramainya jama'ah yang hadir ke masjid baik untuk melaksanakan solat berjama'ah, ataupun menghadiri majelis ilmu dan peringatan hari-hari besar seperti pada malam hari ini," pungkasnya.

Sebelumnya, acara diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an yang disampaikan oleh H. Firdaus, M.PdI. Adapun penceramah pada peringatan Malam Nuzulul Qur'an yaitu Al Ustadz H. Zulhendri Rais, Lc. MA. Ph.D.

Turut hadir Forkopimda Kota Dumai atau yang mewakili, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kementerian Agama Kota Dumai, Para Camat dan Lurah dilingkup Pemko Dumai.(***/rls/IUD)

Terkini