Wawako: Penumpang Bus di Terminal BRPS Diminta di Thermo Scan

Ahad, 22 Maret 2020 | 12:04:55 WIB
Ayat Cahyadi

PEKANBARU -- Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi meminta pihak terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) untuk melengkapi alat pendeteksi dini dan pencegahan Covid-19. 

Hal itu bertujuan agar seluruh penumpang maupun pengunjung dapat diperiksa kesehatan mereka, dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai virus corona yang saat ini tengah berkembang. 

"Memang di terminal belum memiliki alat untuk pendeteksi suhu tubuh untuk memeriksa setiap pengunjung atau penumpang yang datang. Kami dorong mereka untuk menyediakan alat-alat pendeteksi dini itu," kata Ayat.

Ayat menyebutkan, pihak terminal sudah diminta untuk mencari alat pendeteksi suhu tubuh. Selain itu juga diminta menyediakan hand sanitizer yang diperuntukkan bagi pengunjung terminal. 

"Memang saat ini mencari alat thermo scan itu terkendala. Tapi kita minta mereka untuk menyediakan itu, kalau bisa dikirim dari kementrian," jelasnya. 

Selain itu, Ayat juga meminta agar bus antar kota antar provinsi (AKAP) juga dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan. Saat penumpang turun dari perjalanan pun agar juga diarahkan untuk mencuci tangan. Karena mencuci tangan lebih efektif untuk mencegah penularan dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer. 

Ayat juga mengingatkan agar masyarakat segera mengakses layanan kesehatan untuk memeriksakan saat ada gejala Covid-19. Satu gejala yang terlihat adalah demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius. 

Terkini