Di APBD-P, Dinas PUPR Gelontorkan Rp17 Miliar

Jumat, 06 September 2019 | 08:11:38 WIB
Indra Poni Nasution saat bersama Walikota, Firdaus.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di 2019 mengalokasikan anggaran operasi dan pemeliharaan (OP) jalan sebesar Rp17 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp 9 miliar diantaranya dimanfaatkan untuk gaji pasukan kuning, anggaran material, serta untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan.

"Untuk OP (operasi dan pemeliharaan) jalan itu anggarannya lebih kurang Rp17 miliar. Rp9 miliar diantaranya gaji pasukan kuning. Pasukan kuning itu jumlahnya juga banyak, ada beberapa tim. Jadi gajinya disitu, honornya disitu, termasuk juga material dan BBM (minyak) ada didalamnya," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Disinggung apakah anggaran yang ada saat ini mencukupi untuk pemeliharaan jalan, Indra Pomi menyebutkan, jika dihitung angka tersebut masih kurang.

"Pasti belum cukup ya, kalau dihitung. Kalau misalnya overlay (pengaspalan) jalan itu 1 kilo Rp 1,2 miliar (nilainya), sisa dari Rp 9 miliar itukan cuman Rp 8 miliar, ya paling (bisa untuk) 6 atau 8 kiloan la," ujarnya.

Berapa ideal anggaran yang dibutuhkan untuk pemeliharaan jalan, disebutkan mantan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru ini, pihaknya saat ini tengah melakukan penghitungan.

"Pemeliharaan ini ada kendalanya juga, kita juga ada keterbatasan peralatan. Jadi walaupun cukup anggarannya, peralatannya tidak cukup. Kita sebenarnya berusaha untuk bisa menambah anggaran di 2020, tetapi kita bisa bertahan di anggaran 2019 ini saja kita sudah bersyukur," pungkasnya. 

Terkini