Ayat Cahyadi Membuka Rapat Koordinasi Forum Data Kota Pekanbaru

Rabu, 09 Oktober 2019 | 12:07:43 WIB
Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi foto bersama dengan Kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

PEKANBARU - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menghadiri sekaligus membuka rapat koordinasi forum data kota Pekanbaru yang membahas mengenai forum data, tandatangan elektronik, dan juga sosialisasi security assessment atau pelatihan keamanan data yang dilaksanakan, Rabu (9/10/2019). 

Forum data sendiri nantinya akan mengumpulkan semua bagian data ke dalam satu data. Contohnya Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), jumlah pedagang, penduduk miskin dan lainnya. 

"Pertama ada forum data, bagaimana ada suatu data. Misalnya data penduduk, ada satu data. Tentang berapa jumlah UMKM, satu data. Tentang berapa jumlah pedagang, satu data. Berapa orang miskin, satu data. Jadi semuanya nanti satu data," kata Ayat.

Disebutkan Ayat,  terkumpulnya satu data per bagian yang ditentukan, dengan ini, semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk Camat berkomitmen agar nantinya menjadi satu data. Nantinya data yang sudah terkumpul akan dimuat di bank data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). 

Bank data merupakan sebuah sistem untuk mengumpulkan dan menyimpan data agar lebih mudah diakses dan tidak mudah hilang. Bank data menyediakan beberapa kategori untuk menyimpan data sesuai dengan keperluan. Kemudian, bagi yang ingin akses bank data harus login menggunakan username dan password akun bank data yang telah terdaftar terlebih dahulu. 

Sedangkan mengenai security assessment, Ayat Cahyadi mengatakan keamanan data ini yang sangat penting sekali. Karena jika keamanan data tidak aman, nantinya akan mudah diretas oleh hacker. "Pelatihan keamanan data itu sangat penting sekali. Apalagi sekarang kan hacker hacker itu. Kan kalau gak aman bisa dijebol, itu bahaya," ujarnya. 

Sementara untuk tandatangan elektronik, Ayat Cahyadi mengatakan nanti akan dijelaskan bagaimana regulasi dan cara pemakaiannya. Karena acara ini akan berlangsung selama tiga hari dari hari ini Rabu sampai Jumat (11/10). "Yang jelas, tandatangan elektronik ini nanti akan sangat membantu masyarakat karena tidak perlu menunggu pejabat yang tidak berada di tempat kerja," jelasnya sembari meminta peserta dapat mengikuti forum ini dengan sebaik-baiknya agar membantu juga dalam mewujudkan Pekanbaru menjadi kota smart city yang madani.

Rapat koordinasi forum data ini bertujuan untuk mengambil sebuah kesepakatan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada terhadap kebutuhan data dan memanfaatkannya untuk perancangan pembangunan daerah. (ADVERTORIAL)

Terkini