Naik Tingkat Menjadi Tipe A, Dishub Pekanbaru Tambah Bidang dan UPT

Selasa, 14 Januari 2020 | 17:47:29 WIB
Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso saat bersama Walikota Pekanbaru, Firdaus.

PEKANBARU - Panitia Khusus (Pansus) Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) DPRD Kota Pekanbaru mengunjungi kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru. Kedatangan Pansus DPRD Pekanbaru ini tak lain untuk mendiskusikan akan adanya penambahan Bidang di Dishub Pekanbaru. 

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, mengatakan, kenaikan tipe ini untuk mengoptimalkan kinerja dinas. 

"Namun tanggung jawab dinas cukup besar," katanya.

Yuliarso mengungkapkan, ada penambahan UPT dalam usulan kenaikan tipe. Satu UPT baru, yakni UPT Kendali ATCS dan Informasi Lalu Lintas.

Lanjutnya, saat ini sudah ada empat UPT. Keempat UPT, yakni UPT Perpakiran, UPT Pengujian Kendaraan, UPT Transportasi Perkotaan, dan UPT Pelabuhan. 

"Bila bertambah satu UPT, berarti ada lima UPT," ulasnya.

Dikatakan Kadishub, ada juga penambahan satu bidang baru. Nantinya bidang di bawah Dishub akan bertambah menjadi empat. Satu bidang baru, yakni Bidang Pengembangan Transportasi. Keberadaan bidang ini mendukung sejumlah pengembangan transportasi angkutan massal.

Saat ini, jelasnya, baru ada tiga bidang di dinas. Ketiga bidang, yakni Bidang Manajeman Rekayasa Lalu Lintas, Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana dan Bidang Angkutan.

Sementara, Ketua Pansus SOTK DPRD Kota Pekanbaru Zainal Arifin, menyebut bahwa kedatangan tim ingin melihat kesiapan dinas yang hendak naik tingkat dari tipe B menjadi tipe A. Ada penambahan bidang dan UPT di bawah Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

"Jadi, kami ke lapangan untuk melihat kesiapan dinas," terangnya.

Ia bersama tim menilai banyak kemajuan di sini. Usulan dari dinas perihal peningkatan tipe bertujuan untuk pengembangan transportasi.

Ada juga satu UPT baru yakni UPT Kendali ATCS dan Informasi Lalu Lintas. Ia menilai kehadiran UPT ini adalah inovasi dalam pengawasan lalu lintas.

Politisi Partai Gerindra ini menilai, sudah layak Dishub Kota Pekanbaru naik tingkat menjadi tipe A. Adanya kenaikan tip bisa mengoptimalkan transpotasi dan fasilitas publik.

"Kita sudah meninjau kondisi terkini, nanti hasil kunjungan akan segera diparipurnakan," paparnya. 

Terkini