Antisipasi Kejahatan Rumah Kosong Ditinggal Mudik , Ini Pesan Babinsa untuk Warga Binaan

Antisipasi Kejahatan Rumah Kosong Ditinggal Mudik , Ini Pesan Babinsa untuk Warga Binaan

PEKANBARU, celotehriau.com-- Aparat keamanan  telah menyiapkan beberapa langkah tertentu dalam menjaga keamanan  rumah warga yang ditinggal mudik Lebaran Idul Fitri 1443 H/  2022.

Polresta Pekanbaru menggandeng Kodim 0301 Pekanbaru serta Satpol PP Kota dalam melakukan pengamanan hunian warga yang melaksanakan mudik.

Di wilayah Kecamatan aparat Polsek dan Koramil melalu Babinsa  menjelang idul Fitri secara intens memberikan imbauan kepada masyarakat.

" Bagi masyarakat yang melaksanakan mudik, silahkan melapor ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas atau RT RW setempat  agar di lingkungan rumahnya bisa di jaga di pantau, oleh tim  patroli rumah kosong," kata Sertu Khairuddin Babinsa kelurahan Sumahilang saat komsos ke warga pada H-1 Idul Fitri, Ahad (1/5/2022) sore 

Kata pria yang akrab disapa Didin TNI Polri, dalam hal ini Babinsa -bhabinkamtibmas  juga memberikan atensi pengamanan kepada tempat-tempat usaha yang ditinggal pemiliknya untuk mudik Lebaran.

Danramil 02 Kota Mayor Arm Luud Guntono menuturkan terkait pengamanan lebaran tahun ini sudah terbentuk  yang merupakan sinergitas Polsek Kota - Koramil 02 Kota dan satpol PP. 

" Tim inilah yang melakukan. patroli sebagai langkah  pencegahan dan sudah kita komunikasikan kepada pemilik tempat usaha, apabila terjadi sesuatu hal (tindakan kriminalitas) bisa menghubungi kantor polisi / Koramil terdekat," jelasnya.

Danramil menuturkan , ujung tombak dari kegiatan pengamanan  adalah Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

" Garda  terdepan adalah Babinsa dan Bhabinkamtibmas di seluruh jajaran. Selain itu, kita juga aktifkan kembali siskamling. Sehingga nantinya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan melakukan sambang dan patroli di beberapa permukiman warga, khususnya ke permukiman yang tidak memiliki petugas keamanan, untuk dicek apakah siskamling telah dilaksanakan,"  terangnya.

Kegiatan pengamanan itu, sebut Danramil  juga harus membutuhkan peran serta masyarakat.

"Jumlah personel terbatas, sehingga tentu harus dibantu peran serta dari masyarakat. Setiap informasi yang disampaikan oleh masyarakat sangat berarti dan wajib kita tindaklanjuti. Agar tidak terjadi ganguan kamtibmas dalam bentuk apapun dalam merayakan lebaran tahun ini," pungkasnya.(IUD)

Berita Lainnya

Index