Enam Ribu PKL di Bengkalis Terima BLT Minyak Goreng, Nilainya Rp 300 Ribu

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:09:29 WIB Cetak

Penyaluran BLT Minyak Goreng ke pedagang kaki lima di Bengkalis.(ist)

BENGKALIS, celotehriau.com - Presiden Joko Widodo telah menunjuk TNI untuk membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada para Pedagang Kali Lima (PKL) yang menjual aneka makanan digoreng. 

Maka untuk pendataanya akan dilakukan menggunakan aplikasi.

Penyaluran melalui anggota TNI ini akan menggunakan Sistem Aplikasi BT-PKLW buatan Telkom. 

Sebanyak 6.000 pedagang kaki lima (PKL) dan warung di Kabupaten Bengkalis akan mendapat bantuan langsung tunai minyak goreng (BLT minyak goreng) sebesar Rp 300 ribu 

Pihaknya memiliki sistem untuk memadankan data setiap penerima, sehingga verifikasi dan validasinya akurat.

"Penerima akan difoto terus cek ulang agar sesuai kriteria dan tepat sasaran. Ini semua agar bantuan tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan untuk membantu usaha mereka," kata Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto.

Sementara, menurut Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto bantuan ini diberikan secara tunai langsung kepada sekitar 2.448 penerima manfaat di jajaran Koramil 03 Mandau dan setiap pedagang menerima Rp 300.000. 

"Penyaluran BTPKLW pada hari pertama ini, yakni kurang lebih 2.448 orang," jelasnya.

Lanjut Letkol Endik Yunia Hermanto, pihaknya juga sudah siapkan skema pengambilan. Para penerima BTPKLW sebelumnya telah didata oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) di setiap wilayah. 

"Kami undang mereka hadir di Koramil 03 Mandau, kemudian melengkapi formulir hingga pemberian dana BTPKLW," ucapnya.

Adapun untuk kriteria pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menerima BTPKLWN gelombang ini, kata Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto, adalah pelaku usaha yang belum menerima bantuan dari pemerintah di tahun 2021. Kemudian, mereka harus UMKM kecil.

"Kami memastikan bantuan yang diterima tepat sasaran. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah modal dalam berusaha," pungkas Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto.

Camat Mandau menghaturkan ungkapan terima kasih mendalamnya kepada Dandim Bengkalis dan jajarannya. 

Ia menegaskan, total 2.448 KK yang terdaftar sebagai penerima manfaat di wilayah tugas Koramil 03 Mandau sangatlah terbantu.

“Kami bangga dan mengucap terima kasih Kepada Pemerintah Pusat, Daerah dan terkhusus kepada Komandan Kodim Bengkalis, Letkol (Inf) Endik dan jajarannya atas pelaksanaan program yang baik dan bermanfaat luas bagi masyarakat di Kecamatan Mandau ini. Semoga setiap keluarga yang menerima manfaat bisa mendapat kebaikan serta bangkit siklus perekonomiannya di tengah kehidupan bermasyarakat. 
Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih, program ini sangat membantu,” kata Riki Rihardi.(red)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+