Dishub Beri Pembekalan untuk Ratusan Jukir di Pekanbaru

Dishub Beri Pembekalan untuk Ratusan Jukir di Pekanbaru

PEKANBARU - Ratusan juru parkir (Jukir) di Kota Pekanbaru mengikuti sosialisasi dan pembekalan pengelolaan parkir. Para jukir tersebut merupakan jukir di bawah naungan PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan untuk hari ini ada 100 Jukir yang mengikuti pembekalan tersebut.

"Untuk hari ini ada 100 jukir dulu yang ikut pembekalan. Mereka mewakili teman-teman yang lain. Diharapkan bisa menjadi influence bagi teman-temannya," ujar Yuliarso.

Ia mengatakan pembekalan ini dilakukan secara bertahap dengan metode per zona. Mereka yang hadir hari ini merupakan jukir yang bertugas di zona 1.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi bimbingan dan pembekalan kepada jukir. Mereka nantinya diharapkan bisa memberi pelayanan yang ramah kepada para pengguna jasa layanan parkir.

"Hari ini konsep perparkiran adalah jasa layanan. Jadi harus ada layanan yang baik. Selama ini kami masih mendapat laporan terkait pelayanan jukir yang kurang baik," ujarnya.

Hingga kini lanjut Yuliarso, sejumlah masyarakat masih melaporkan ulah oknum juru parkir atau jukir yang melayani kurang baik. Satu diantaranya jukir yang baru muncul ketika kendaraan hendak meninggalkan areal parkir.

Ada juga jukir yang enggan memberi karcis parkir. Mereka juga mendapat laporan bahwa masih banyak oknum jukir yang kurang ramah melayani pengendara.

"Ini semua harus diperbaiki, jukir ini perwakilan pemerintah maka harus mendapat bimbingan agar layanan parkir semakin baik," jelasnya.

Dirinya berharap nantinya para jukir yang ikut dalam sosialisasi ini bisa menyampaikan kepada rekan sesama jukir.

Perwakilan PT YSM Ichwan Sunadi mengaku pihaknya berupaya meningkatkan layanan parkir.

Pihaknya bakal mengevaluasi kinerja dan tidak segan menindak oknum jukir yang bandel di lapangan.

"Kita tentu evaluasi kinerja para jukir, yang mana yang perlu evaluasi tentu kita bakal evaluasi," ujarnya.

Total jumlah juru parkir di bawah pengelolaan PT YSM ini sebanyak 1.500 orang. Mereka nantinya bakal menjalani sosialisasi yang berkelanjutan guna meningkatkan kinerja layanan para jukir.

Selain Kadishub Kota Pekanbaru, sosialisasi juga dihadiri Kabag Ops Polresta Pekanbaru sekaligus narasumber Kompol Novaldi, perwakilan Datun Kejari Pekanbaru sekaligus narasumber Ari.

Berita Lainnya

Index