BPKAD Gelar Bimtek Akuntasi dan Keuangan Bagi Calon Tenaga Akuntansi, Sekda : Ikuti dengan Serius !

BPKAD Gelar Bimtek Akuntasi dan Keuangan Bagi Calon Tenaga Akuntansi, Sekda : Ikuti dengan Serius !

DUMAI, celotehriau.com  - Sejumlah 40 peserta yang lulus Seleksi Penerimaan Calon Tenaga Akuntansi yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Akuntansi Keuangan Daerah, Senin (17/10/2022).

Bimtek yang digrlar di Hotel Patra Dumai ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si.

Tampak hadir Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, para Camat, pejabat struktural dilingkup BPKAD Kota Dumai, Direktur Utama PT. Gesa Talenta Maju beserta Tim Narasumber.

Sekedar informasi, dalam menyelenggarakan seluruh proses perekrutan calon tenaga akuntansi dan bimtek ini, BPKAD Kota Dumai melalui Bidang Akuntansi dan Pelaporan telah bekerja sama dengan pihak ketiga yaitu PT. Gesa Talenta Maju.

Untuk menentukan strategi pembangunan kedepan dan mempertebal kepercayaan publik, Sekdako Dumai, Indra Gunawan mengatakan dalam sambutannya mewakili Wali Kota Dumai menuturkan  Pemko Dumai membutuhkan tata kelola yang baik berupa transparansi dan akuntabilitas pada aspek pengelolaan keuangan daerah.

Menurutnya, pengelolaan keuangan serta mempertanggungjawabkan pelaksanaan penggunaan keuangan daerah sesuai regulasi yang sudah ditetapkan adalah suatu keharusan.

"Dalam mewujudkan hal tersebut, kami mengintruksikan Kepala BPKAD untuk merekrut tenaga akuntansi yang nantinya disebar ke seluruh OPD dalam meng-assist pembuatan laporan keuangan diorganisasinya masing-masing," ucapnya.

Bersempena dengan pembukaan Bimtek Akuntansi Keuangan Daerah Bagi Calon Tenaga Akuntansi Kota Dumai Tahun 2022, Sekdako Dumai mengucapkan terima kasih kepada BPKAD Dumai bersama PT. Gesa Talenta Maju yang telah sukses melaksanakan seluruh proses perekrutan dan bimtek.

"Rangkul tenaga akuntansi ini mulai saat ini hingga nanti mereka bekerja di OPD-nya masing-masing, karena tanggung jawab pembinaan ada pada BPKAD Bidang Akuntansi dan Pelaporan selaku Koordinator ditingkat Pemko Dumai," tuturnya.

Terakhir, Indra Gunawan mengingatkan kepada seluruh peserta bimtek untuk mengikuti bimbingan ini dengan serius hingga tuntas.

"Jika nanti telah ditentukan dimana saudara ditempatkan, bekerjalah dengan dengan sebaik-baiknya. Jalankan seluruh aturan di OPD, ikuti instruksi atasan, disiplin yang utama," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BPKAD Dumai H. Yufrizal, SH mengungkapkan, perekrutan tenaga akuntansi yang dilaksanakan telah melalui rangkaian proses seleksi yang transparan dengan memanfaatkan platform digitalisasi dan media massa.

"Dimulai dengan pengumuman penerimaan calon tenaga akuntansi via website Pemko Dumai dan koran lokal, maka terjaring 227 peserta. Setelah melalui seleksi administrasi, 135 peserta dinyatakan layak mengikuti tes tertulis. Pada gilirannya, 67 peserta berhak mengikuti tes kemampuan komputer dan wawancara. Dari seluruh peserta yang mengikuti tahapan tes tersebut, akhirnya sejumlah 40 peserta dinyatakan lulus," terang Yufrizal.

Lanjutnya, bimtek ini dilaksanakan agar calon tenaga akuntansi yang lulus seleksi memahami konsep serta praktik akuntansi pada pemerintah daerah.  

"Kami berharap, bekal teknis yang nanti didapat oleh seluruh peserta, cukup menjadi acuan mereka untuk mengabdi di sejumlah OPD dimana tenaga akuntansi ini ditempatkan. Insyaallah setelah semua proses selesai, pada Tahun Anggaran 2023 nanti tenaga akuntansi kita siap untuk berkhidmat," pungkasnya.(rls/IUD)

Berita Lainnya

Index