Pemko Pekanbaru Ubah Sampah jadi Bahan Bakar PLTU

Pemko Pekanbaru Ubah Sampah jadi Bahan Bakar PLTU

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar launching produksi Bahan Baku Jumputan Padat (BBJP) plant Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Jumat (16/12/2022). Launching tersebut dipimpin oleh Pj Sekda Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mewakili Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

Dalam keterangannya, Pj Sekda Pekanbaru Indra Pomi mengatakan pihaknya berterimakasih kepada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya yang telah memberikan hibah mesin produksi BBJP kepada Pemko Pekanbaru. Mesin ini bermanfaat untuk mengatasi masalah sampah di Pekanbaru.

"Kita ucapkan terimakasih kepada PLTU yang sudah memberikan hibah mesin ke kita untuk mengolah sampah organik menjadi bahan bakar jumputan untuk campuran batu bara," ujar Indra Pomi Nasution, Jumat (16/12/2022).

Ia mengatakan Pemko Pekanbaru akan melakukan uji laboratorium terlebih dahulu untuk berapa sebenarnya kandungan energinya. Harapannya PLTU bisa terus mengembangkan ini sehingga sampah di TPA bisa teratasi dengan baik dan juga berubah menjadi energi.

"Untuk mesin tersebut saat ini sudah bisa beroperasi, tinggal perlu diuji laboratorium untuk mengetahui berapa energinya," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Indra juga menyampaikan Pemerintah Kota Pekanbaru prinsipnya ingin PLTU dan perusahaan swasta lainnya di Pekanbaru bisa membantu Pemko Pekanbaru.

"Mungkin dalam hal kesehatan, infrastruktur, kemudian juga masalah pendidikan di Pekanbaru melalui CSR nya," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengiriman perdana produk BBJP Plant TPA Muara Fajar ke PLTU Tenayan Raya.

Berita Lainnya

Index