Bahas Rekondisi Jalan, Pemko Pekanbaru segera Undang Manajemen IPAL dan PDAM

Bahas Rekondisi Jalan, Pemko Pekanbaru segera Undang Manajemen IPAL dan PDAM

PEKANBARU - Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti berharap jalan-jalan yang rusak akibat pembangunan Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (IPAL) maupun Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM di Kota Pekanbaru segera dilakukan rekondisi.

"Jadi memang tadi Buk Dirjen menyampaikan agar segera dilakukan rekondisi," ujar Pj Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution usai mendampingi Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti meninjau kondisi jalan di Pekanbaru yang rusak akibat pembangunan IPAL, Jumat (16/12/2022).

Selain itu, disampaikan Indra, Dirjen juga berharap agar Dirjen meminta Pemko Pekanbaru untuk memfasilitasi supaya jalan-jalan ini agar tidak berkali-kali digali. Hal ini agar pembangunan di Kota Pekanbaru bisa terkoordinir dengan baik.

"Jadi nanti antara IPAL dan PDAM itu kita koordinir, misalnya supaya sama-sama digali dan sama-sama diperbaiki. Artinya tidak sampai ketika sudah diperbaiki kemudian malah dibongkar lagi. Untuk kita kita akan mengundang perusahan-perusahaan itu untuk rakor berkaitan dengan rekondisi jalan," cakapnya.

Dikatakan Indra Pomi, Dirjen memang tidak memberikan deadline rekondisi jalan ini harus selesai dalam batas waktu tertentu. Dirjen hanya meminta agar ini segera diselesaikan.

"Harapan kita sampai akhir tahun ini bisa selesai, paling nanti kita hanya tinggal merapikannya saja satu tahun ke depan," ucapnya.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut disampaikan juga bahwa IPAL ini untuk operasionalnya adalah di pertengahn tahun 2023. Untuk beroperasi, minimal kapasitasnya 3000 Sambungan Rumah (SR), sementara dari Kementerian PU itu udah dianggakan 1500 SR, kemudian dari Pekanbaru sudah dianggarkan 700 SR.

"Jadi tadi Pak Gubernur nanya berapa kurang biar bisa operasional, kita sampaikan kekurangan 800 SR atau kalau diuangkan itu sekitar Rp11 Miliar. Alhamdulillah pak Gubernur akan bantu kita makanya kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur karena mensukseskan program IPAL ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti meninjau kondisi jalan di Pekanbaru yang rusak akibat pembangunan Instalasi Pengolahan Air dan Limbah (IPAL), Jumat (16/12/2022).

Tinjauan tersebut menindaklanjuti laporan Gubernur Riau yang sebelumnya menyampaikan kondisi jalan di Pekanbaru banyak rusak akibat pembangunan IPAL. Adapun titik lokasi tinjauan berada di Jalan Samratulangi dan Jalan Ahmad Yani, Kota Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index