Pekanbaru Raih Penghargaan IGA Tahun 2022 sebagai Kota Terinovatif

Pekanbaru Raih Penghargaan IGA Tahun 2022 sebagai Kota Terinovatif
Muflihun.

PEKANBARU - Kota Pekanbaru menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 sebagai Kota Terinovatif.

Penghargaan serahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diterima oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Jumat (23/12/2022) di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.

Pj Walikota Muflihun mengatakan penghargaan ini diberikan atas kinerja dan upaya seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pekanbaru dalam merancang program kegiatan secara Inovatif.

Menurutnya, penghargaan IGA menjadi penyemangat semua elemen untuk bekerja lebih keras dalam menumbuh kembangkan inovasi yang pro kepada masyarakat Pekanbaru.

"Alhamdullilah, semoga menjadi pemicu semangat bagi semua OPD, camat, dan para lurah se-Kota Pekanbaru, semakin terus ditingkatkan," ujar Muflihun.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan selamat kepada seluruh daerah yang mendapatkan award.

"Berkat kerja keras yang luar biasa, kami perlu hargai dan kemudian bagi yang belum beruntung mendapatkan penghargaan, kami harapkan acara ini juga dapat memotivasi," ujar Tito Karnavian.

Dengan penghargaan tersebut, Tito berharap dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam menilai kinerja para pemimpin yakni kepala daerah.

"Masyarakat bisa melihat siapa pemimpin yang baik, yang bagus, dan siap memimpin; yang hanya bekerja rutin rutin saja," tambahnya.

Untuk diketahui, Innovative Government Award (IGA) ialah kegiatan penilaian dan penghargaan tahunan dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Pemerintah Daerah atas keberhasilannya melakukan inovasi di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan.

Penganugerahan Innovative Government Award kepada Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah

Sebelumnya, kota Pekanbaru kembali masuk nominasi Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 yang digelar Kemendagri tersebut. Untuk itu, Pj Wali Kota Muflihun memaparkan inovasi unggulan yang ada di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Pj Wali Kota mengatakan ada lima inovasi yang disampaikan dalam persentasi tersebut.

Lima inovasi yang disampaikan tersebut adalah yang pertama smart rescue Madani v 2.0 - urusan wajib pelayanan dasar. Yang kedua adalah smart PETAKU, yang ketiga adalah Inovasi Layanan Tunggu (LAGU), yang keempat adalah bus vaksin keliling dan yang kelima adalah Membaca Buku Bersuara (Membara).

Berita Lainnya

Index