Pemkab Siak Jalin Kerjasama dengan UGM, termasuk Pemberian Beasiswa

Jumat, 20 Januari 2023 - 18:09:34 WIB Cetak

SIAK - Upaya Pemerintah Kabupaten Siak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerahnya terus dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai kampus ternama di Indonesia.

Salah satunya Pemkab Siak bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam berbagai bidang.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan dokumen kesepakatan oleh Bupati Siak, Alfedri bersama Rektor UGM, Prof Dr Ova Emilia di Gedung Pusat UGM, Balaksumur Kampus UGM, Jogjakarta, Jumat (20/1/2023).

Melalui kerjasama itu, akan ada beberapa hal yang dilakukan, terutama di bidang pendidikan, penelitian, riset dan pengabdian kepada masyarakat, guna meningkatkan sumber daya manusia.

"Untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Siak, kami juga ada program pendidikan, baik yang beasiswa unggulan maupun berasal dari keluarga kurang mampu berlaku di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta," cakap Bupati Siak, Alfedri di Jogjakarta.

Dia menjelaskan dalam tahun ini, Pemkab Siak memberikan beasiswa penuh kepada 62 anak dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial melalui program satu sarjana bagi keluarga kurang mampu.

"Dengan adanya satu sarjana bagi keluarga kurang mampu ini diharapkan kehidupan keluarganya akan berubah. Untuk 2022 ada 128 anak Siak mendapat program unggulan daerah tersebut," katanya.

Beasiswa unggulan daerah tersebut akan menanggung biaya kuliah mahasiswa dari KPM PKH hingga lulus. Mereka dikuliahkan pada sejumlah universitas yang bekerjasama dengan Pemkab Siak, salah satunya UGM.

Alfedri menjelaskan, Kabupaten Siak merupakan salah satu kabupaten yang menjalin hubungan kerja sama dengan perguruan tinggi swasta baik di Riau maupun di luarnya.

Pemkab Siak, kata dia, juga ada beasiswa bagi anak Siak yang berkuliah di manapun dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

"Alhamdulillah saat ini sudah sekitar 5.600 mahasiswa asal Kabupaten Siak yang sudah kami berikan beasiswa prestasi. Dengan persyaratan indeks prestasi kumulatif untuk IPS minimal 3 dan IPA minimal 2,5," katanya.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+