14 Gepeng Diangkut Satpol PP Pekanbaru, dari Pengemis hingga Badut Jalanan

14 Gepeng Diangkut Satpol PP Pekanbaru, dari Pengemis hingga Badut Jalanan

PEKANBARU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru mengangkut 14 gelandangan dan pengemis (Gepeng) dari berbagai titik lokasi. Gepeng yang diamankan ini mulai dari pengemis, penjual tisu hingga badut jalanan.

"Hari ini Satpol PP melakukan patroli sekaligus melakukan penertiban terkait maraknya gelandangan dan pengemis yang melakukan aktivitas di persimpangan lampu merah," ujar Kasatpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Selasa (6/2/2023).

Ia mengatakan pihaknya melihat aktivitas yang mereka lakukan sudah mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat terutama pengguna lalu lintas.

"Selain itu juga bisa membahayakan keselamatan mereka sendiri. Kemudian juga bisa mengganggu kelancaran lalu lintas. Makanya hari ini kita lakukan penertiban dan hari ini sudah ada 14 Gepeng yang diamankan," Cakapnya.

Dikatakan Zulfahmi, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan dan untuk selanjutnya pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk pembinaan selanjutnya.

"Kita akan serahkan ke Dinsos untuk selanjutnya diberikan imbauan dan kalaupun ada kita harapkan akan ada upaya pemberdayaan yang bisa dilakukan Dinsos. Sehingga harapan kita gelandangan pengemis ini tidak lagi melakukan aktivitas lagi di jalanan," sebutnya.

Lanjut Zulfahmi, diantara Gepeng yang ditangkap ini bahkan ada yang membawa anak-anak kecil. Yang ini bisa dikatakan sudah ada eksploitasi anak.

"Yang seharusnya mereka di sekolah atau di tempat yang aman, tapi malah dibawa di jalanan. Kita khawatirkan nanti anak-anak itu ketika tak terkontrol, main lari-lari akhirnya bisa disenggol atau tertabrak kendaraan. Makanya kita antisipasi itu semua. Apa yang kita lakukan ini untuk menyelamatkan mereka juga," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index