Tugu Selais Ambruk, Ini Respon Pj Walikota Pekanbaru

Tugu Selais Ambruk, Ini Respon Pj Walikota Pekanbaru

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun memastikan jika Tugu Selais yang ambruk segera berdiri kembali seperti semula. Pihaknya sudah memerintahkan dinas terkait untuk melakukan perbaikan secepatnya.

"Tadi kita sudah dapat laporan terkait dengan ambruknya Tugu Selais. Pada prinsipnya tentu kalau musibah mau diapakan lagi. Tapi harapan kita ingin tugu tersebut bisa berdiri lagi dan menjadi ikon kota," ujar Muflihun, Kamis (24/2/2023).

Ia mengatakan Pemerintah Kota melalui dinas terkait akan segera memperbaiki Tugu Selais yang ambruk tersebut sesuai dengan yang semestinya.

"Tadi OPD terkait udah melaporkan terkait tumbangnya Tugu Selais ini. Kita sudah minta untuk segera diperbaiki (Tugu Selais)," ucapnya.

Diceritakan Muflihun, Tugu Selais tersebut dibangun saat pemerintahan Herman Abdullah yang diresmikan tahun 2011 lalu.

"Waktu itu saya masih jadi Camat Sukajadi kalau tidak salah. Alhamdulillah waktu itu Pak Herman Abdullah membangun Tugu Selais dan itu sekarang menjadi ikon Kota Pekanbaru," sebutnya.

"Kita berharap masyarakat tahu apa sih sebenarnya Ikan Selais itu, dimana dia berasal, itu harus tahu. Tau asal usulnya lah," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Tugu Selais Tiga Sepadan Pekanbaru yang berada di Jalan Sudirman tepatnya di depan kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru ambruk, Kamis (23/2/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Hendra saat dikonfirmasi mengatakan jika pihaknya memang sudah mendapatkan laporan terkait hal tersebut.

"Kita sudah dapat laporan di lapangan terkait adanya bagian dari Tugu Selais yang patah," ujar Hendra.

Ia mengatakan terkait robohnya tugu silais ini selain karena memang umur tugu yang sudah lama, juga karena beberapa hari terakhir angin sangat kencang dan hujan cukup deras.

"Sehingga mungkin karena usia juga jadinya Tugu Selaisnya ada yang patah. Sekarang ini kita sudah lakukan evakuasi untuk bagian yang patah itu dan kita bawa ke kantor DLHK tepatnya di Dinas Pertamanan untuk dilakukan perbaikan," ucapnya.

"Kita akan segera panggil tukang las ya dan segera kita perbaiki lagi untuk selanjutnya mudah-mudahan secepatnya bisa dipasang kembali," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index