Antisipasi Lonjakan Inflasi, Ini Respon Sekdako

Antisipasi Lonjakan Inflasi, Ini Respon Sekdako
Indra Pomi Nasution

PEKANBARU - Inflasi menjadi perhatian dalam Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, Senin (27/2) kemarin. Mereka sepakat agar ada langkah konkret untuk mengantisipasi lonjakan inflasi jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1444 H.

Apalagi diprediksi harga bahan pangan di pasaran bakal mengalami peningkatan pada momen bulan puasa. Satu langkah konkret yakni menggelar operasi pasar untuk menyediakan bahan pokok bagi masyarakat.

“Kita melakukan operasi pasar terkait bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat mengalami peningkatan harga,” ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Peningkatan harga bahan pangan tentu bisa menyebabkan inflasi. Ia menyebut ada beberapa pokok bahasan yang jadi pembicaraan dalam rapat tersebut

Sejumlah komoditi yang dapat menyumbang inflasi yakni bawang merah, cabai merah, kentang termasuk juga minyak goreng. Komoditi bahan pangan lainnya juga harus dalam pengawasan untuk mencegah laju kenaikan harga di pasaran.

Rapat ini juga membahas kesiapan bahan pokok bagi masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Ia menyebut bahwa pemerintah mengajak masyarakat untuk ikut gerakan menanam komoditi pangan di lahan masyarakat.

Penanaman juga bakal berlangsung di lahan kosong kecamatan. Ia menyampaikan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru mendapat perintah agar menggencarkan gerakan menanam.

“Dinas pertanian diperintahkan segera melakukan gerakan menanam, baik dilakukan pribadi maupun kelompok di Kota Pekanbaru,” paparnya.

Berita Lainnya

Index