Di Riau hanya Tiga Daerah Raih Adipura, DPRD Dorong Kepala Daerah Lebih Kreatif dan Inovatif

Di Riau hanya Tiga Daerah Raih Adipura, DPRD Dorong Kepala Daerah Lebih Kreatif dan Inovatif

PEKANBARU - Di Provinsi Riau, hanya tiga daerah meraih Adipura tahun 2023. Yakni Piala Adipura diraih Kabupaten Siak dan Dumai, serta Sertifikat Adipura oleh Kota Pekanbaru. DPRD Riau mendorong kepala daerah agar kreatif dan berinovasi dalam menata tatanan kota.

Ini merupakan capaian yang membanggakan bagi Kota Pekanbaru usai penantian selama 10 tahun. Sementara bagi Kota Dumai, penghargaan ini merupakan catatan sejarah, sebab sejak berdirinya Kota Dumai pada 20 April 1999 lalu, penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan perkotaan baru bisa diukir pada tahun 2022 ini. Sedang Siak sudah kelima kalinya meraih Adipura.

“Kami Fraksi PKS DPRD Riau mengucapkan tahniah untuk pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru dan Kota Dumai yang meraih penghargaan Adipura atas keberhasilan menjaga kebersihan kota,” tutur Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar, Jumat (3/3/2023).

Ia berharap, prestasi ini terus dipertahankan di masa-masa yang akan datang. Ia ingin Kota Pekanbaru kembali meraih kejayaannya. Markarius juga mendorong kepada kepala daerah di Riau agar lebih kreatif dan inovatif dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Agar, kata dia, tercipta kabupaten/kota yang bersih, lingkungan sehat sehingga masyarakat dan wisatawan yang ingin berkunjung di tempat wisata menjadi nyaman.

“Kita mendorong para kepala daerah di Provinsi Riau agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan tatanan kota yang bersih dan nyaman," jelasnya.

Ke depannya, tambah dia, kalau kota bersih dan nyaman pasti banyak pengunjung yang berkunjung di tempat wisata. Untuk daerah yang belum mendapatkan penghargaan Adipura 2022.

"Semoga tahun depan mendapatkan penghargaan,” kata dia.

Ia juga berharap kesadaran semua elemen masyarakat untuk mengelola sampah bisa terus meningkat. Seperti menekan penumpukan sampah pada tempat yang tidak semestinya, mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat, sampah an organik dijadikan kerajinan tangan dan sampah organik diolah menjadi kompos.

Berita Lainnya

Index