Panen Cabai 10 Ton di Okura, Ini Kata Sekda Kota

Panen Cabai 10 Ton di Okura, Ini Kata Sekda Kota

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution hari ini, Ahad (12/3/2023) kemarin, ikut melakukan panen cabai rawit di lahan yang dikelola PT Sarana Pangan Madani (SPM). Panen cabai rawit ini dilakukan di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur.

"Hari ini kita panen cabai di Okura. Cabai ini ditanam oleh PT SPM. Jadi lahannya itu ada sekitar 10 hektare, namun yang hari ini dipanen lebih kurang 2 hektare. Untuk 2 hektare ini bisalah sekitar 5-10 ton," ujar Indra Pomi Nasution.

Ia mengatakan harapannya dengan adanya upaya penanaman sepeti ini bisa meningkatkan stok cabai di Kota Pekanbaru sehingga ketergantungan Pekanbaru terhadap daerah lain bisa menurun.

"Karena kalau cabai rawit yang didatangkan dari daerah lain, harganya lebih mahal. Biaya transportasi dari daerah penghasil ke Pekanbaru juga lebih mahal. Sehingga, harga sampai ke masyarakat itu cenderung lebih tinggi," cakapnya.

"Dan jika diproduksi di Pekanbaru langsung, tentu ini akan lebih murah. Selain itu petani juga akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan sejahtera dari sebelumnya," imbuhnya.

Dikatakan Indra Pomi, ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Pekanbaru sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk mendorong terus masyarakat bercocok tanam terutama komoditas pangan yang dibutuhkan seperti cabai, bawang, dan lainnya.

"Ini bukan hanya oleh PT SPM saja, kita harapkan seluruh masyarakat, organisasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), camat, dan lurah yang memiliki lahan kosong agar segera menanam komoditas pangan yang dibutuhkan. Intinya adalah supaya kita dapat memberikan kontribusi komoditas pangan menjelang Ramadan dan Lebaran," sebutnya.

Lebih lanjut Sekda mengatakan keberhasilan pada panen cabai yang dilakukan hari ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan dan hendaknya dapat menjadi percontohan dan dapat memotivasi petani yang lainnya untuk terus giat melakukan pengembangan pertanian cabai.

"Kami mengharapkan untuk terus giat dan sungguh-sungguh, serta tekun untuk terus melakukan penanaman cabai. Jika ada kendala atau hambatan segera berkoordinasi dengan dinas serta petugas kami yang ada di lapangan seperti bapak/ibu kita para penyuluh pertanian," pungkasnya.

Selain panen cabai rawit dilakukan juga penanaman cabai sekitar 15.000 batang juga peninjauan lahan On Farm milik PT SPM.

Berita Lainnya

Index