SSK II Pekanbaru Tetap Jadi Bandara Internasional, Ini Respon Angkasa Pura II

SSK II Pekanbaru Tetap Jadi Bandara Internasional, Ini Respon Angkasa Pura II

PEKANBARU - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru bakal tetap menjadi bandara dengan status internasional.

Hal tersebut diketahui setelah Pemprov Riau mengikuti rapat fasilitasi terkait status operasional Bandara SSK II Pekanbaru sebagai bandara internasional, yang digelar secara virtual pada Senin (13/3/2023) di kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Hal ini langsung disambut positif oleh pihak PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru.

"Secara umum PT Angkasa Pura II sangat mengapresiasi keputusan ini," ujar Hendra Irawan selaku EGM Bandara Sultan Syarif Kasim II, Selasa (14/3/2023).

Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung program kerja pemerintah daerah dalam rangka peningkatan perekonomian daerah.

"Adapun bentuk dukungan kami adalah dalam berupaya memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa bandara," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Romi Rakhmat mengatakan, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru bakal tetap menjadi bandara dengan status internasional.

Roni mengatakan, bakal tetapnya SSK II dalam rute penerbangan internasional, diketahui setelah Pemprov Riau mengikuti dalam rapat fasilitasi terkait status operasional Bandara SSK II Pekanbaru sebagai bandara internasional, yang digelar secara virtual pada Senin (13/3/2023) di kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

"Tadi pak Gubernur dan kami dapat kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pihak Kementerian Perhubungan, terkait rencana penghapusan rute penerbangan internasional di Bandara Int SSK II Pekanbaru. Pemprov Riau sudah dapat kejelasan mengenai status rute penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru, yang selama ini memang jadi isu khususnya di sektor swasta dan pariwisata di Riau. Dari Kementerian Perhubungan telah menyatakan bahwa Bandara SSK II Pekanbaru tidak masuk dalam bagian untuk dievaluasi," kata Roni.

Ia menjelaskan, sampai saat ini, tidak ada keputusan penghapusan rute penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru dari pihak Kementerian Perhubungan.

"Dari Kementerian Perhubungan juga telah menyatakan bahwa fasilitas pendukung yang tersedia di Bandara SSK II Pekanbaru sudah masuk dalam kategori layak untuk sebuah bandara internasional. Mudah-mudahan lah memang sesuai dengan pernyataan mereka. Namun demikian, nanti tetap, Pak Gubernur akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak Kementerian Perhubungan untuk memastikan informasi ini. Insya Allah, aman," tukasnya.

Sampai saat ini, untuk rute penerbangan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru, masih beroperasi seperti biasa, termasuk memberangkatkan penumpang ke beberapa negara tujuan, seperti Malaysia dan Singapura.

Pertemuan ini diikuti oleh Gubernur Riau Syamsuar dan didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto, Kepala DPMPTSP Riau, Helmi, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Romi Rakhmat.

Berita Lainnya

Index