Tidak Masuk Kerja di 'Hari Kejepit', TPP Pegawai Dipotong?

Tidak Masuk Kerja di 'Hari Kejepit', TPP Pegawai Dipotong?

PEKANBARU - Bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang tidak masuk kerja hari ini Jumat (24/3/2023) yang merupakan "hari kejepit", maka akan dilakukan pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) kepada yang bersangkutan.

Hal ini disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution Jumat (24/3/2023). Ia mengatakan hal tersebut memang sudah ada aturannya.

"Artinya kalau dia gak hadir maka ada sekian persen TPP yang dipotong. Kalau tidak salah itu sekitar 5 persen potongannya dalam sehari kalau nggak masuk," ujar Indra Pomi, Jumat (24/3/2023).

Ia mengatakan nantinya tinggal menjumlahkan saja berapa hari pegawai tersebut tidak masuk kerja.

"Sehari, dua hari, tiga hari sampai selanjutnya. Nanti ada tabelnya itu. Selanjutnya ya tinggal menjumlahkan saja. Kalau banyak liburnya otomatis TPP nya gak penuh juga dapatnya," Cakapnya

Disinggung terkait jumlah pegawai yang tidak masuk di hari kejepit ini, Sekda mengaku belum mendapat laporan. "Untuk laporan belum ada. Belum disampaikan ke kita," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk tidak menambah libur dalam menyambut Ramadan tahun 2023 ini. Untuk ASN dan THL tetap wajib masuk hari Jumat (24/3/2023).

Sebagaimana diketahui Pemerintah menetapkan awal puasa yakni 23 Maret 2023 sebagai cuti bersama. Sebelumnya di tanggal 22 Maret juga tanggal merah yaitu hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945.

Dengan adanya dua hari libur yang berurutan ditambah nanti pada hari Sabtu dan Minggu libur, maka ASN dan THL diminta jangan memanfaatkan keadaan tersebut dengan tidak masuk kerja.

"Sesuai dengan Surat Edaran yang telah dikeluarkan oleh Pj Walikota Pekanbaru tanggal 21 Maret lalu bahwa hari Jumat itu masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.30," ujar Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Sekda mengimbau seluruh ASN dan THL yang ada di Pekanbaru untuk tetap masuk kantor memberikan pelayanan seperti biasa, tentu dengan jam kerja yang berlaku selama bulan pulan puasa.

"Jadi kita imbau untuk tetap bekerja seperti biasa dan memberikan pelayanan seperti biasa. Besok akan diabsen, seperti biasanya juga kan absen. Kalau tidak masuk tanpa ada keterangan tentu alpa atau lalai melakukan kewajiban. Makanya kita minta semuanya besok masuk kerja," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index