Polisi Pekanbaru Siapkan Pos Pengamanan Selama Ramadan

Polisi Pekanbaru Siapkan Pos Pengamanan Selama Ramadan

PEKANBARU - Polresta Pekanbaru sejak tanggal 23 Maret hingga 16 April 2022 telah menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan sandi 'Tertib Ramadan'.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi mengatakan bahwa tujuan giat tersebut adalah untuk menciptakan suasana kondusif di saat umat muslim, khususnya masyarakat Pekanbaru yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Dalam pelaksanaan Operasi Tertib Ramadan 2023, Polresta Pekanbaru menghadirkan 11 Pos Pengamanan yakni, Sudirman Trade Center (STC) Jalan Sudirman, Mall SKA Jalan Soekarno Hatta, Simpang BPG Jalan Hang Tuah, Pasar Rumbai Pesisir Jalan Khayangan," kata Pria Budi.

"Pasar Wisata Senapelan, Pos Gurindam 3 Jalan Sudirman, Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai, Pelabuhan Sungai Duku, Senapelan Plaza Jalan Teuku Umar, Pusat Perbelanjaan Hawai Jalan Durian, dan belakang halte PCR Jalan Yos Sudarso," sambungnya.

Adapun upaya yang dilakukan diantaranya, polisi akan melakukan upaya edukasi serta pendekatan kepada seluruh masyarakat guna terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif serta diharapkan dapat memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadan.

Tidak hanya itu, di Bulan Ramadan, memang identik dengan kenakalan remaja seperti Asbuh (Asmara Subuh) yang tak jarang berujung menjadi penyebab tawuran hingga balap liar, khususnya di waktu subuh yang tidak sedikit menimbulkan korban jiwa.

"Dari kebiasaan-kebiasaan yang muncul tersebut, polisi akan benar-benar hadir di tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman di bulan suci Ramadan di jam-jam rawan dengan menempatkan personel Bhabinkamtibmas di setiap masjid dan personel di lokasi rawan kejahatan," cakapnya.

Lebih lanjut kata Pria Budi, patroli jelang Hari Raya Idul Fitri juga nantinya akan dilaksanakan, seperti diketahui banyak rumah yang kosong lantaran ditinggal mudik ke kampung halaman.

"Kerjasama warga setempat sangat dibutuhkan, selain polisi juga melakukan patroli, masyarakat juga diharapkan bisa memberi informasi terhadap orang yang mencurigakan atau kegiatan-kegiatan yang meresahkan," tuturnya.

“Giat ini kita laksanakan guna membuat masyarakat Pekanbaru khusuk dalam melaksanakan ibadah puasa. Operasi sebagai antisipasi meningkatnya tindak kejahatan seperti kenakalan remaja, pencurian, bongkar rumah dan perampokan lainnya, baik di pusat keramaian, toko hingga para nasabah bank," pungkasnya.

Ia meminta agar seluruh masyarakat untuk berkoordinasi dengan lepolisian terkait pengamanan dan pengawalan jika hendak membawa uang dalam jumlah besar. Tentunya pelayanan tersebut gratis.

Berita Lainnya

Index