Antisipasi Gejolak Harga Bahan Pangan, Ini Upaya Pemko Pekanbaru

Antisipasi Gejolak Harga Bahan Pangan, Ini Upaya Pemko Pekanbaru
Ilustrasi

PEKANBARU - Untuk mengantisipasi gejolak harga bahan pangan selama Bulan Ramadan 1444 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan berbagai upaya.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Ahad (26/3/2023). Ia mengatakan berbagai langkah yang akan dilakukan diantaranya mulai dari pelaksanaan pasar murah dan lain sebagainya.

"Untuk pasar murah, kita koordinasi dengan pihak swasta. Ada diantaranya dari perbankan," ujar Muflihun, Ahad (26/3/2023).

Menurutnya, kalangan dari swasta bisa punya peran dalam menggelar pasar murah.

"Adanya pasar murah tentu mempermudah masyarakat dalam mengakses bahan pangan dengan harga murah," cakapnya.

Selain itu, Pemerintah kota saat ini juga sedang mencari kerangka solusi agar memiliki lokasi penyimpanan khusus bahan pangan. Ia mengaku saat ini pemerintah kota baru bisa mengandalkan keberadaan koperasi pegawai.

"Kita juga cari kerangka solusi, agar bisa memiliki gudang sendiri. Sedangkan untuk sekarang kita baru memiliki koperasi," jelasnya.

Dirinya menyebut bahwa pemerintah kota sedang berupaya agar koperasi bisa mengelola sembako di Pekanbaru. Mereka bisa menjadi distributor pasar agar harga bisa lebih diatur.

"Upaya lain yang kita lakukan adalah dengan rutin melakukan pengawasan ke pasar. Hal ini kita lakukan antisipasi gejolak harga bahan pangan selama Ramadan," pungkasnya

Berita Lainnya

Index