Jelang Mudik Lebaran

Ditlantas Polda Riau Pasang Kamera ETLE di Tol Permai

Ditlantas Polda Riau Pasang Kamera ETLE di Tol Permai

PEKANBARU - Jelang mudik Lebaran, Tim Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau memasang kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), di Tol Pekanbaru - Dumai atau Permai

Tim yang dipimpin Kasat PJR AKBP Budi Setiawan bersama pihak tol, terlebih dahulu meninjau lokasi titik yang rencananya akan dipasang kamera ETLE, Rabu (5/4/2023).

Budi mengatakan, untuk sementara baru 1 kamera ETLE yang dipasang di Tol Pekambaru,-Dumai, tepatnya
di kilometer 33 gate Kandis Selatan. "Baru satu titik," kata Budi.

Ke depan, kata Budi, penambahan kamera ETLE akan dilakukan sesuai kebutuhan di Tol Pekanbaru-Dumai.
"Ke depan nanti jumlahnya akan ditambah," ungkapnya.

Budi menjelaskan kamera ETLE dipasang pertama di kilometer 33 gate Kandis Selatan karena di lokasi telah ada 2 CCTV. "Ada dua CCTV jalur A dan B di titik yang sama," kata Budi.

Selain memasang kamera ETLE, juga akan mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan di Tol Pekanbaru - Dumai. Menurut Budi, pos akan didirikan Polres Bengkalis, Siak, dan Dumai.

Untuk Tol Pekanbaru-Bangkinang, Budi menyebut belum dipasang kamera ETLE. "Untuk tol Pekanbaru - Bangkinang belum dipasang ETLE. Namun memang ada rencana untuk dipasang juga," tutur Budi.

Sebagai informasi, sistem ETLE di bidang lalu lintas pertama kali dilaunching di Provinsi Riau pada Selasa (23/3/2021). Ketika itu ETLE dipasang padai empat titik di Kota Pekanbaru.

Empat titik itu di Simpang Jalan HR Soebrantas - Jalan SM Amin, Simpang Jalan Harapan Raya - Jalan Sudirman, Bundaran Tugu Zapin dan Simpang Jalan Tuanku Tambusai - Jalan Soekarno Hatta.

ETLE merupakan teknologi yang mencatat pelanggaran berlalu lintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas.
ETLE mengandalkan kamera pemantau yang terpasang di jalan raya.

Nantinya pelanggar lalu lintas tersebut akan mendapat kiriman surat tilang langsung ke alamat rumah, sesuai yang tertera di data kendaraan yang digunakan.

Tidak hanya kamera ETLE, Ditlantas Polda Riau juga memiliki kamera ETLE handheld. Kamera ini dapat dibawa oleh personel polantas saat melakukan patroli di lapangan dan cara kerjanya sama dengan kamera ETLE statis.

Berita Lainnya

Index