Antrean Kendaraan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Meningkat Signifikan

Antrean Kendaraan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Meningkat Signifikan

BENGKALIS - Antrean kendaraan di Pelabuhan RoRo penyeberangan Air Putih Bengkalis mengalami peningkatan signifikan di lebaran ketiga Idul Fitri. Bahkan meningkat tiga kali lipat dari kemarin.

Informasi dirangkum, lajur antrean di area pelabuhan penuh. Antrean kendaraan roda empat mengular hingga ke jalan SPBU BLJ. Begitu juga dengan kendaraan roda dua memenuhi lajur antrean.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelabuhan RoRo Bengkalis Ferdaus Saputra menyebutkan jumlah armada kapal yang diturunkan pada hari ke tiga ini sebanyak 5 unit yakni KMP Bahari Nusantara, KMP Persada Nusantara, Swarna Darna, Swarna Putri, KMP. Lome dan KMP Tj. Burang.

"Alhamdulillah hari ini ada 5 unit kapal yang diberangkatkan, semoga bisa mengurai antrean, begitu juga dengan kondisi saat ini masih tetap aman,"katanya, Senin (24/4/2023).

Kendati antrean padat merayap, hal itu tidak menggangu angkutan bahan pokok dan BBM yang keluar masuk Bengkalis. Sebab sebut Ferdaus pihaknya menyiapkan jadwal khusus untuk hal itu.

Data yang tercatat sampai pukul 10.00 WIB pagi tadi jumlah sepeda motor yang melakukan penyeberangan dari Air Putih menuju penyeberangan Sei Selari 500 unit, mobil pribadi mencapai 240 unit.

"Dengan beroperasinya 5 unit armada ini sangat membantu untuk mengurai antrian karena antrian yang panjang masih di pelabuhan Air putih dan kita fokuskan antrean mobil bisa terurai dan kapal yang beroperasi bermuatan lebih besar,"kata Ferdaus Saputra.

Dikatakan sistem pengaturan tidak terjadwal kapal habis bongkar langsung muat dan berangkat. Diperkirakan rata rata antrean mencapai 6 jam.

"Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik lebaran apabila mau berangkat lihat atau cek CCTV Pelabuhan Air Putih. Apabila antrean roda empat masih penuh bisa menunda keberangkatan agar tidak berlama-lama di pelabuhan karena gelombang kendaraan baik roda empat dan dua datang tidak bisa diprediksi,"cakap Ferdaus.

Di sisi lain, kondisi antrean penyeberangan di Sei Selari tidak mengalami peningkatan signifikan. Antrean kendaraan roda empat normal, antrean hanya pada kendaraan roda dua dan diklaim lancar.

Berita Lainnya

Index