Kapolri Perintahkan Jajaran Siap Siaga Layani Pemudik

Kapolri Perintahkan Jajaran Siap Siaga Layani Pemudik
Ilustrasi

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk tetap siaga mengamankan arus balik libur Lebaran 2023. Hal ini diungkapkan lantaran adanya kemungkinan arus balik akan terdistribusi hingga Ahad,, 30 April 2023 mendatang.

Sigit menekankan kepada seluruh anggotanya untuk bersiaga baik di jalan tol maupun arteri guna tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat saat melakukan perjalanan arus balik.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai dengan hari Minggu nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri. Sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," kata Sigit saat meninjau arus balik di KM 72 Tol Cikampek, Selasa (25/4/2024).

Dalam kesempatan ini, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan bahwa dari prediksi awal akan ada 203 ribu kendaraan per hari yang melintas saat puncak arus balik. Sehingga telah disiapkan beberapa strategi, mulai dari pemberian diskon tol hingga rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan. 

Pemerintah, lanjut Sigit, juga telah mengumumkan untuk menghindari puncak arus balik dengan memberikan kesempatan bagi TNI-Polri, BUMN dan ASN untuk menghindari arus balik dengan mengajukan cuti tambahan.

"Pak Menko Polhukam juga telah menginformasikan bahwa untuk kegiatan halal bi halal digeser tidak minggu ini, namun minggu depan," ujar Sigit.

Berita Lainnya

Index