Usai Didata, Dinas Perkim Pekanbaru Siap Perbaiki Drainase Perumahan Rawan Banjir

Usai Didata, Dinas Perkim Pekanbaru Siap Perbaiki Drainase Perumahan Rawan Banjir

PEKANBARU - Menjelang bulan Ramadan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru ingin segera memperbaiki saluran air (drainase) bermasalah di sejumlah perumahan.

Karena itu, Perkim Pekanbaru sibuk mendata perumahan-perumahan yang rawan tergenang banjir pada saat musim hujan.

Perkim Pekanbaru berharap segera menerima laporan data tentang perumahan yang rawan banjir dari 15 kecamatan yang ada di wilayahnya.

Namun, sampai saat ini, Perkim Pekanbaru baru menerima laporan tentang perumahan yang rawan banjir dari dua kecamatan.

"Kita sudah dapat datanya dari dua kecamatan. Mudah-mudahan ini dapat segera kita selesaikan," kata Kepala Dinas Perkim Kota Pekanbaru, Mardiansyah, Senin (13/3/2023).

Artinya, sebagian besar kecamatan belum memberikan laporan. Padahal, Perkim Pekanbaru ingin segera memperbaiki semua drainase bermasalah yang selama ini menjadi penyebab adanya banjir di sejumlah perumahan.

Mardiansyah mengatakan, pihaknya telah meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru untuk memperbaiki drainase di perumahan.

Selain APBD Pekanbaru, katanya, program Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan padat karya menjadi sumber pendanaan bagi perbaikan drainase di sejumlah perumahan, di wilayah Kota Pekanbaru.

"Kita juga ada penganggaran untuk itu, melalui pokok pikiran DPRD Pekanbaru di APBD Pekanbaru. Kemudian, ada juga program Musrenbang dan program padat karya. Sekarang kita sedang menunggunya," ujarnya. (adv)

Berita Lainnya

Index