Hingga Pertengahan Ramadan, Jumlah Kendaraan Uji KIR Masih Normal

Hingga Pertengahan Ramadan, Jumlah Kendaraan Uji KIR Masih Normal

PEKANBARU - Uji KIR kendaraan bermotor di Pekanbaru masih normal. Hingga pertengahan puasa Ramadan 2024, kendaraan yang melakukan uji KIR belum meningkat signifikan.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Zulfahmi mengatakan, pihaknya terus meningkatkan pelayanan uji KIR. Pemeriksaan terhadap kendaraan dilakukan secara ketat, agar kendaraan yang digunakan benar-benar laik jalan.

"Uji KIR kita tingkatkan, pemeriksaan kendaraan bermotor kita perketat. Ini berlaku untuk semua kendaraan, bain kendaraan." ujar Zulfahmi, Rabu (27/03/2024).

Terutama pemeriksaan terhadap sistem pengereman pada kendaraan. Ia menilai, sistem pengereman hal yang sangat penting dalam sebuah kendaraan.

"Terutama itu kita periksa rem. Karena rem ini sangat berpengaruh pada keselamatan penumpang. Tapi kita tidak hanya rem saja, bagian kendaraan lainnya juga kita periksa ketat," sebutnya.

Dikatakannya, saat ini kendaraan yang melakukan uji KIR di UPT PKB rata-rata 100-130 kendaraan per hari. Sementara untuk kuota yang disediakan saat ini sekitar 150 kendaraan per hari.

"Kalau datanya sekarang ada sekitar 100-130 kendaraan per hari. Kuota sekarang 150 kendaraan per hari," ulasnya.

Menurutnya, peningkatan masih standar, belum terlihat kenaikan yang signifikan. Padahal uji KIR saat ini sudah digratiskan sesuai Perda Kota Pekanbaru Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

"Peningkatan ada, tapi belum signifikan. Biasanya H-10 lebaran baru meningkat," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index