Kabar Gembira, Telah Lahir Seekor Gajah Sumatera di PKG Sebanga

Kabar Gembira, Telah Lahir Seekor Gajah Sumatera di PKG Sebanga

PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima kabar menggembirakan bagi dunia konservasi, yaitu berita telah lahirnya seekor Gajah Sumatera di PKG Sebanga.

Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan mengatakan, anak gajah itu dilahirkan oleh induk gajah bernama Fuja (20) dan induk jantan bernama Sarma (25).

“Di mana induk gajah tersebut berasal dari hasil evakuasi akibat jerat satwa di wilayah Kampar Kiri pada tahun 2008,” kata Genman, Selasa (09/04/2024).

Lanjutnya, hasil pengecekan kesehatan dan pengukuran morfometri anak gajah yang dilakukan tim BBKSDA Riau yaitu tinggi badan 75 cm, lingkar dada 97 cm, panjang badan 97 cm, berat badan 75,5 kg dan jenis kelamin betina.

“Kondisi induk dan anak gajah dalam keadaan sehat dan menunjukkan vitalitas normal. Tim dokter hewan dan perawat medis satwa dari Balai Besar KSDA Riau terus memantau intensif kondisi kesehatan induk dan anak gajah,” ungkapnya.

Ia berharap anak gajah yang lahir di hari ke-27 Ramadan 1445 H (sepuluh hari terakhir bulan Ramadan) atau hari Sabtu (6/4/2024) ini, menjadi cahaya kebaikan bagi dunia konservasi.

Berita Lainnya

Index