Kunjungan Keluarga Napi Koruptor, Bawa Makanan Khas Lebaran

Kunjungan Keluarga Napi Koruptor, Bawa Makanan Khas Lebaran

JAKARTA - Pada hari kedua perayaan Idulfitri 1445 Hijriah, keluarga tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi rumah tahanan (rutan) KPK. Mereka membawa makanan khas Lebaran seperti opor ayam, ketupat, dan rendang untuk diberikan ke para napi koruptor.

Pantauan Beritasatu.com di rutan kelas 1 Jakarta Timur cabang rutan KPK di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2024), sejumlah keluarga membawa makanan menggunakan boks kontainer transparan.

Suasana Lebaran 2024 makin terasa karena beberapa pengunjung datang menggunakan pakaian muslim.

Mereka sudah datang sejak pukul 08.00 WIB. Hal ini karena jadwal penerima makanan yang ditetapkan rutan KPK yaitu pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB.

Kedatangan diawali dengan menghampiri petugas keamanan yang kemudian pengunjung diarahkan ke meja registrasi yang sudah disiapkan.

Lalu, barulah makanan bisa dititipkan ke petugas rutan KPK untuk terlebih dahulu diperiksa.

Selain itu, pengunjung juga mengurus dokumen untuk keperluan menjenguk tatap muka. Syarat yang diberlakukan pada kunjungan itu, ialah wajib keluarga inti dari tahanan KPK.

Jadwal tatap muka diberlakukan pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Selama proses berlangsung, pengunjung menempati tenda dan kursi tambahan yang disediakan rutan KPK sebagai tempat tunggu.

Kondisi rutan KPK terlihat cukup ramai dan kondusif. Menurut keterangan salah satu petugas keamanan di rutan, suasana kunjungan pada hari kedua Lebaran, Kamis (11/4/2024) tidak begitu ramai jika dibandingkan pada hari pertama Lebaran, Rabu (10/4/2024).

Sebelumnya, KPK mengumumkan dibuka layanan pengiriman makanan dan kunjungan khusus saat perayaan Idulfitri 1445 Hijriah. Layanan ini berlaku dua hari saja pada 10 sampai dengan 11 April 2024.

Berita Lainnya

Index