Buka Manasik Haji, Muflihun: Doakan Pekanbaru Lebih Baik Lagi

Buka Manasik Haji, Muflihun: Doakan Pekanbaru Lebih Baik Lagi

PEKANBARU - Manasik haji tingkat Kota Pekanbaru digelar di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, Selasa (16/4/2024). Manasik haji tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun.

Pembukaan manasik haji tingkat Kota Pekanbaru itu turut dihadiri oleh Turut hadir Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Muliardi, Kepala Kemenag Pekanbaru, Syahrul Mauludi, Kasubbag TU Abdul Wahid, Kasi Haji Haryati dan para calon jamaah.

Dalam kegiatan itu, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, meminta para calon jamaah haji Kota Pekanbaru untuk mendoakan agar Kota Pekanbaru semakin lebih baik lagi.

"Semoga sehat saat pergi dan sehat saat pulang kembali dan menjadi jamaah mabrur dan doakan Kota Pekanbaru semakin lebih baik lagi," ujar Muflihun.

Dirinya berharap para calon jamaah bisa mengikuti kegiatan manasik haji yang selanjutnya dilaksanakan di tingkat kecamatan masing-masing. Sehingga dapat menjadi calon jamaah yang mandiri ketika melaksanakan rangkaian ibadah haji saat di tanah suci Mekkah.

"Calon jamaah jaga kesehatannya, sehingga dapat mengikuti semua rangkaian manasik yang diberikan petugas. Intinya jamaah sehat berangkat dan sehat juga saat kembali," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Kemenag Provinsi Riau Muliardi menambahkan, bahwa pelaksanaan manasik bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada para calon jamaah haji.

"Apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan jamaah menjelang keberangkatan. Jadi semua punya tugas masing masing baik ketua regu dan ketua rombongan," kata Muliardi.

Ia menjelaskan, bahwa keberangkatan jamaah haji tahun ini melalui bandara Hang Nadim Batam. Jamaah tidak menginap melalui asrama embarkasi haji antara (EHA) Riau seperti sebelumnya.

Keberangkatan jamaah haji Kota Pekanbaru dibagi menjadi dua kelompok terbang (Kloter) penuh. Sementara sisanya bergabung dengan Kloter dari kabupaten lainnya.

Ia menyebut, jumlah jamaah haji Kota Pekanbaru sebanyak 1.167 jamaah.

"Dibagi menjadi dua kloter dan setengah. Dua kloter penuh dan sisanya bergabung dengan jemaah kloter lain," sebutnya.

Berita Lainnya

Index