Pj Gubri: Tradisi Ayi Ayo Onam Kampar Wisata Religi yang Harus Dilestarikan

Pj Gubri: Tradisi Ayi Ayo Onam Kampar Wisata Religi yang Harus Dilestarikan

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto menghadiri secara langsung Tradisi Ayi Ayo Onam (Hari Raya Enam) dan ziarah kubur, di Masjid Annur Sipungguk, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Rabu (17/4/2024).

Tradisi Ayi Ayo Onam dirayakan dengan meriah setelah Lebaran Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 8 Syawal. Tradisi tersebut telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Kabupaten Kampar, terutama di Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang Seberang, Salo, Kuok dan kawasan lainnya.

Saat menghadiri perayaan Ayi Ayo Onam dan ziarah kubur tersebut, Pj Gubri disambut langsung Pj Bupati Kampar Hambali dan Forkopimda Kampar serta masyarakat.

"Alhamdulillah kami di sini menghadiri undangan Pj Bupati Kampar merayakan Ayi Ayo Onam dan ziarah kubur. Dan kami juga dihidangkan makan bejambau. Ini sangat luar biasa," ungkap Pj Gubri.

Pj Gubri mengatakan, perayaan Ayi Ayo Onam merupakan tradisi turun menurun dari nenek moyang masyarakat Kampar, dan tradisi ini perlu dilestarikan sehingga menjadi wisata religi.

"Karena ini menjadi wisata religi, maka saya minta tadi pak Bupati untuk merapikan dan membersihkan makam-makam agar lebih cantik. Sehingga kesan religius nya terlihat sangat tinggi. Dengan dirapikan, maka kuburan bukan tempat yang ditakutkan, karena kubur itu tempat tidur kita terakhir. Maka kita juga berkewajiban mendoakan orang tua, saudara-saudara kita dan kaum muslimin muslimat," ucapnya.

Menurutnya, Ayi Ayo Onam merupakan tradisi yang sangat luar biasa. Bahkan masyarakat Kampar, karena tradisi tersebut tidak bisa dijumpai di daerah lain.

"Bahkan perayaan Ayi Ayo Onam ini kalau di Kampar lebih ramai dibandingkan hari raya Idulfitri. Itu terlihat banyak masyarakat Kampar yang merantau semuanya pada pulang kampung untuk merayakan Ayi Ayo Onam. Ini sangat luar biasa," sebutnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar Hambali menyampaikan rasa syukur dengan kehadiran Pj Gubri yang ikut serta merayakan Ayi Ayo Onam dengan masyarakat Kabupaten Kampar.

"Tentu kehadiran pak Pj Gubri di perayaan Ayi Ayo Onam ini menjadi keberkahan bagi kami dan masyarakat Kampar," ucapnya. 

Berita Lainnya

Index