PUPR Pekanbaru Lakukan Normalisasi Parit Jalan Arifin Achmad dan Paus

PUPR Pekanbaru Lakukan Normalisasi Parit Jalan Arifin Achmad dan Paus

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan normalisasi di sepanjang parit Jalan Arifin Achmad, Rabu (17/4/2024).

Normalisasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam menangani banjir. Pasalnya, Jalan Arifin Ahmad yang sebelumnya sudah normal saat diguyur hujan deras, kini sudah kembali menjadi langganan banjir.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan hari ini pihaknya bersama pasukan kuning melakukan pembersihan terhadap parit di Jalan Arifin Achmad. Normalisasi dilakukan di sepanjang parit Jalan Arifin Achmad.

"Kita dari tadi pagi melakukan normalisasi di parit Jalan Arifin Achmad. Kita lakukan normalisasi parit di sisi kiri dan kanan Jalan Arifin Achmad," ujar Edu, sapaan akrabnya.

Ia menyebut, ada sekitar 3 kilometer masing-masing sisi kiri dan kanan parit yang dilakukan normalisasi.

Dari normalisasi yang telah dilakukan PUPR Pekanbaru, Ia menyebut penyebab banjir di jalan tersebut karena adanya pendangkalan parit.

"Ada pendangkalan parit, dan tinggi sedimen seperti pasir serta sampah dan bekas buah durian yang bnyak di dalam parit," sebutnya.

Untuk mempercepat pengerjaan normalisasi, pihaknya juga menurunkan alat berat serta pasukan kuning.

Dikatakannya, untuk normalisasi parit Jalan Arifin Achmad tersebut akan dilakukan secara terus menerus dalam waktu seminggu kedepan. Hal itu mengingat besar dan panjangnya parit tersebut. Kemudian pihaknya juga terbatas dengan alat berat dan pasukan kuning yang diturunkan.

Selain Jalan Arifin Achmad, PUPR Pekanbaru juga melakukan normalisasi sekaligus terhadap parit di Jalan Paus. Menurutnya, rata-rata penyebab banjir di ruas jalan diakibatkan oleh sampah dan sedimen yang sudah tinggi.

Berita Lainnya

Index