Sepanjang 2024, Belasan Ribu Warga Pekanbaru Sudah Manfaatkan Program UHC

Sepanjang 2024, Belasan Ribu Warga Pekanbaru Sudah Manfaatkan Program UHC

PEKANBARU - Sejak awal tahun 2024 hingga saat ini, ribuan warga Pekanbaru telah memanfaatkan program Universal Health Coverage (UHC). Masyarakat dapat memanfaatkan program UHC melalui fasilitas kesehatan yang ada di Kota Pekanbaru.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, melalui Kabid Layanan Kesehatan Fira Septiyanti mengatakan sejak awal tahun 2024 ada sekitar 13 ribu lebih warga Pekanbaru yang memanfaatkan program UHC.

"Penerima manfaat program UHC bulan Januari sebanyak 5.509, Februari 4.559, dan pada bulan Maret 3.777," ujar Fira, Kamis (18/4/2024).

Menurutnya, jumlah penerima manfaat UHC tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Ia menyebut, masyarakat yang memanfaatkan UHC di tahun 2023 lalu, rata-rata hanya dua ribu per bulan.

"Kalau dibanding tahun lalu meningkat, tahun lalu per bulannya rata-rata 2 ribuan orang, sekarang di atas empat ribu sampai lima ribuan," katanya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang menerima manfaat untuk memperhatikan administrasi kependudukan. Terutama memastikan status NIK online dangan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kemudian dirinya juga meminta untuk Rumah Sakit pemberi pelayanan agar dapat membantu setiap masyarakat Kota Pekanbaru yang membutuhkan agar mendapatkan program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dikatakannya, ada 21 Puskesmas dan 28 rumah sakit di Pekanbaru yang melayani program UHC atau JKPB. Untuk itu, dirinya berharap rumah sakit yang telah bekerjasama dapat melayani masyarakat penerima manfaat UHC dengan maksimal.

Berita Lainnya

Index